Wisata Gunung Eksotis Nan Menggairahkan

Wisata ke gunung perawan untuk melihat hewan, tumbuhan, bunga, pemandangan alam asri, termasuk melakukan penelitian, tanpa perlu bayar tiket, bisa didapatkan di Rizqi Firdaus Agro Wana Widya Wisata.

Latar belakang penciptaan wahana tersebut :
  1. Semakin jauhnya generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal bahkan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia sebagai sumber kehidupan sejati bagi manusia
  2. Kurangnya wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu/ beruntung untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia

Tujuan :

  1. Menginspirasi generasi muda termasuk anak-anak untuk mengenal dan mencintai tanaman, hewan, hutan, dan gunung Indonesia
  2. Hiburan yang sehat dan mendidik untuk keluarga saling bersilaturahmi dan lebih dekat dengan alam
Agro wana widya wisata berada di gunung / pegunungan / perbukitan yang masih asri, jauh dari campur tangan manusia. Keaslian alam semaksimal mungkin dipertahankan di mana akses ke lokasi masih mengandalkan kondisi alam yang asli. Kawasan ini dikembangkan berawal dari pucuk gunung / bukit dengan kemiringan 30-45o, ketinggian sekitar 75 meter dari bawah kawasan dan diameter sekitar 150meter, dengan luas sekitar 40.000 meter persegi.

Fasilitas wahana dibagi menjadi 8 sektor.


Wisata Gunung Eksotis Nan Menggairahkan
Sektor Wahana

Fasilitas :

1. Sektor hutan asli
2. Sektor air terjun & sungai
3. Sektor hutan konservasi A
4. Sektor hutan konservasi B
5. Sektor budidaya tumbuhan
6. Sektor budidaya hewan
7. Sektor zona anak-anak
8. Sektor zona dewasa
Wisata Gunung Eksotis Nan Menggairahkan
Sektor hutan asli berupa hutan alam asli yang belum pernah dijelajahi apalagi ditebang. Tujuannya adalah untuk memperoleh ekosistem alam asli sehingga semaksimal mungkin didapatkan tunbuhan dan hewan asli hutan tersebut. Sektor ini digunakan HANYA untuk melakukan berbagai penelitian oleh pribadi maupun institusi (IPB, UI, UGM, dan lain-lain) setelah mendapat izin. Penilitian dilakukan tanpa dipungut biaya untuk memasuki sektor hutan namun dengan syarat utama hasil penelitian harus boleh untuk dipublikasikan oleh kami dalam berbagai bentuk (hardcopy, softcopy, web) untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Lisensi atau paten atau sejenisnya tetap menjadi milik sepenuhnya pihak peneliti. Saat ini saya sangat prihatin bahwa para peniliti dan institusi yang dapat melakukan penelitian dan pihak yang memiliki potensi dokumentasi belum secara maksimal melakukan publikasi hasil penelitian mereka melalui internet. Semoga melalui wahana ini, lebih banyak hasil penelitian yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara benar, mudah, dan murah.

Sektor air terjun & sungai berupa hutan alam asli. Sektor ini dapat untuk melakukan penelitian seperti di atas. Selain itu dimanfaatkan untuk melakukan penjelajahan alam oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya.

Wisata Gunung Eksotis Nan Menggairahkan
Sektor hutan konservasi A dan B berupa hutan yang boleh dijelajahi oleh pecinta alam maupun masyarakat umum lainnya. Di sektor ini pun, penelitian masih dapat dan boleh dilakukan. Sebagian pohon & tanaman hutan boleh ditebang atas pertimbangan tertentu.

Artinya separuh kawasan wahana merupakan wilayah yang semaksimal mungkin masih asri.

Sektor budidaya tumbuhan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan tanaman budidaya sesuai dengan kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, pohon, buah, bunga, dan lainnya.

Sektor budidaya hewan merupakan wilayah di mana hutan boleh ditebang secara keseluruhan untuk diganti dengan hewan budidaya sesuai kebutuhan, penelitian, pembibitan, konservasi, ternak, serangga, dan lainnya.

Sektor zona anak-anak merupakan wilayah di mana anak-anak dapat bermain dengan aman dan mendidik. Wilayah ini bersebelahan dengan sektor budidaya hewan agar anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan-hewan. Berbagai kegiatan bermain sambil belajar dapat dikembangkan di sini.

Sektor zona dewasa merupakan wilayah di mana orang dewasa dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan alam. Wilayah ini dapat berupa bangunan-bangunan sesuai kebutuhan, seperti rumah kaca, musium, herbarium, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Untuk memasuki wilayah ini GRATIS dari tiket karena seluruh aktifitas mendapat dana dari para sponsor yang diperbolehkan memasang papan reklame / iklan dan menjual produk mereka di wilayah wahana seperti produsen pupuk & pestisida, fotografi, hotel, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak hanya dari mereka yang mampu sehingga semakin banyak orang yang dapat mengenal dan mencintai alam Indonesia tanpa perlu khawatir dengan masalah biaya.

Wahana ini sangat menitikberatkan pada publikasi berbagai tumbuhan dan hewan, pohon, pemandangan alam yang ada di kawasan melalui berbagai publikasi terutama internet (web, blog) sehingga para peneliti dapat menyampaikan semua hasil penelitiannya begitu juga para pengunjung dapat menyampaikan foto2 dan cerita pengalamannya melalui blog yang disediakan di wahana.

Wahana ini sangat tidak menekankan pada komersialisasi, kebahagiaan untuk berbagi merupakan hal sangat penting di sini. Namun bukan berarti untuk mewujudkan dan mengelola dapat dijalankan dengan tidak profesional, tanpa dana yang jelas. Kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat meluaskan segala hal positif yang ada di kawasan tanpa dipungut biaya komersial sangat diutamakan. Para donatur atau simpatisan yang percaya dapat memberikan partisipasi mereka dalam berbagai bentuk seperti kemudahan / fasilitas, dana, hewan, tumbuhan, tulisan, dan masih banyak lainnya.



Sumber : Richmountain

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form