Operator seluler XL Axiata menerapkan
fasilitas anti-spam untuk mengurangi pesan singkat (SMS)
yang tidak diharapkan pelanggan (spam). Ini dilakukan XL
untuk menekan jumlah SMS spam yang masih terus datang dan mengganggu.
360
SMS per jam dianggap tak wajar
XL memantau
tingginya frekuensi pengiriman SMS dalam jangka waktu tertentu yang bisa
dianggap terlalu berlebihan. Jika seseorang mengirim lebih dari 360 SMS per
jam, XL mengindikasikan upaya itu adalah pengiriman SMS spam.
Nah, di sini XL
tidak akan meneruskan SMS yang dikirim atau memblokir layanan SMS dari nomor
tersebut.
Menurut XL, tak
wajar rasanya jika pelanggan perorangan mengirim SMS sebanyak itu, apalagi ke
nomor berbeda-beda. SMS yang dikirimkan dengan cara ini besar kemungkinan
berisi pesan bersifat non-personal dan nomor-nomor penerima tidak mengenal
pengirimnya.
XL mengklaim, hal
ini dilakukan berdasarkan peraturan menteri yang mewajibkan operator untuk
memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
Operator seluler
ini juga menyediakan fasilitas pelaporan SMS spam/SCAM di 588, dengan format
"Lapor#MSISDN spammer#isi SMS", atau dengan menghubungi customer
service XL di 817. Operator
seluler ini menyatakan, pelanggan yang jadi korban juga dapat melapor kepada
pihak kepolisian.
sumber : kompas.com
Tags
Teknologi