Rahasia Google Hadirkan Internet Kencang di Chrome

Dalam rangka mempercepat akses internet, Google memperbarui dukungan format gambar WebP pada versi beta peramban Chrome. Format ini menjanjikan kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan jenis format lain.

WebP sendiri adalah format gambar baru besutan Google yang bisa menghasilkan kompresi lossless dan lossy. Ukuran file yang dihasilkan bisa 34 persen lebih kecil dibandingkan JPEG. 

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, Google menyebutkan bahwa WebP nantinya bisa menggantikan format JPEG, GIF, dan PNG yang banyak dipakai saat ini.

Rahasia Google Hadirkan Internet Kencang di Chrome
Seperti JPEG, WebP bisa mengecilkan ukuran file dengan kompresi lossy, namun format ini juga mampu menghadirkan gambar secara transparan tanpa latar belakang (alpha transparency) layaknya PNG.

Google telah memakai WebP untuk menggantikan gambar dalam format PNG di situs Google Play. Langkah ini disebut berhasil memangkas ukuran file hingga sepertiga.

Raksasa internet tersebut juga berencana memakai WebP untuk menampilkan gambarthumbnail pada situs berbagi video YouTube.

"Semua penggunaan (WebP) di kalangan Google telah menghasilkan penghematan transfer data sebanyak puluhan terabyte sehari… Bagi pengguna, manfaatnya adalah waktu loadinglaman yang lebih singkat dan penggunaan kuota data yang lebih sedikit," tulis manajer produk WebP Husain Bengali dalam sebuah posting blog minggu lalu.

Kendati demikian, tak semua pihak mendukung penggunaan WebP. Mozilla misalnya, hingga kini masih belum menyertakan dukungan WebP pada browser Firefox miliknya.



Sumber : Kompas



March 24, 2014

1 komentar:


loading...