12 Kiat Awet Muda, Umur Panjang & Hidup Bahagia

hidup sehat
Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Para filsuf dan pemikir agama telah sering mendefinisikan kebahagiaan dalam kaitan dengan kehidupan yang baik dan tidak hanya sekadar sebagai suatu emosi. Definisi ini digunakan untuk menerjemahkan eudaimonia (Bahasa Yunani: εὐδαιμονία) dan masih digunakan dalam teori kebaikan.

Meskipun pengukuran langsung derajat kebahagiaan masih menjadi tantangan, beberapa peneliti telah mengembangkan alat untuk melakukan hal itu, misalnya dengan The Oxford Happiness Questionnaire. Para peneliti juga telah mengidentifikasikan beberapa hal yang berhubungan dengan kebahagiaan : hubungan dan interaksi sosial, status pernikahan, pekerjaan, kesehatan, kebebasan demokrasi, optimisme, keterlibatan religius, penghasilan, serta kedekatan dengan orang-orang bahagia lain.

Salah satu nikmat dari Allah yang sering kita lalaikan dan lupa untuk kita syukuri adalah nikmat sehat, pada saat kita sakit barulah terasa bahwa kesehatan itu sangat penting dan berarti dalam hidup kita. Coba bayangkan, kalau kita sakit semua jadwal yang sudah kita atur akan jadi berantakan, semua jadi tertunda dan pastinya semua tugas dan kewajiban akan terbengkalai. Karena itu kita harus pandai-pandai mensyukuri nikmat sehat itu dengan cara menjaganya. Rasulullah adalah teladan yang paling baik, begitupun dalam hal kesehatan Rasul SAW sudah memberitahu kita untuk memelihara hidup sehat itu sendiri.

Berikut kiat awet muda, umur panjang dan hidup berbahagia ala Ust. Yusuf Mansyur :
  1. Hadapilah segala masalah dengan santai dan tenang.
  2. Bersedih hati janganlah terlalu berkepanjangan.
  3. Aktiflah dalam kerja.
  4. Jauhkanlah amarah karena amarah memakan energi yang berpengaruh buruk terhadap fisik.
  5. Bila segala sesuatu dapat diselesaikan dengan ketenangan, mengapa harus dibarengi dengan ketegangan?
  6. Kedengkian dan iri hati berpengaruh buruk terhadap peredaran darah dan jantung.
  7. Hadapi orang marah dengan tenang dan jangan masukkan dalam hati.
  8. Jangan mempedulikan hal-hal yang dilakukan orang lain, bereaksilah dengan benar.
  9. Dunia ini berputar, bila anda sedang berada di bawah, jangan putus asa, ada saatnya anda pasti naik ke atas. Tetapi bila sudah berada di atas berhati-hatilah supaya anda tidak jatuh.
  10. Hadapilah penderitaan dengan percaya kepada Tuhan, karena penderitaan selalu membawa hikmah suatu kebahagiaan.
  11. Fisik anda harus anda jaga dengan olahraga dan makanan sehat.
  12. Jangan lekas merasa tua karena dibanding dengan hari esok anda masih muda sekarang.



November 13, 2013

4 komentar:

  1. Kelihatabya mudah dijalanin tetapi sedikit sulit lo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya tidak akan sulit, bila kita sabar menjalaninya dengan penuh keikhlasan

      Delete
    2. benar sekali mas , saya jadi keinget tentang ayat Alquran yg menerangkan manusia untuk tetap tenang menghadapi masalah .. " Karena sesudah Kesulitan pasti ada kemudahan" :)

      Delete
    3. Thank mas atas tambahan informasinya

      Delete