2 'Serangan' Besar ke Bumi di Bulan Februari

2012 DNA14 dan CME matahari © 2013 Merdeka.com

Setidaknya ada dua ancaman besar ke bumi di bulan Februari ini menurut penelitian para astronom dan ilmuwan.

Seperti halnya planet atau benda antariksa lainnya, bumi juga merupakan planet yang sering mendapatkan ancaman dari benda luar angkasa lainnya. Sedikitnya ada dua ancaman besar yang mengarah ke bumi menurut pantauan pada ahli.

Tembakan plasma dari CME matahari
Seperti diulas oleh Indiancountrytodaymedianetwork.com (10/02), selama bertahun-tahun aktivitas matahari terus meningkat dan pada tanggal 09 Februari kemarin, bintang pijar raksasa satu ini meletus yang memicu terjadinya Coronal Mass Ejection (CME).

Dari pemicuan CME ini, banyak partikel plasma terbang terlontar dan mengarah langsung bumi. Untung saja, menurut NASA, CME dan tembakan partikel plasma ini tergolong 'jinak' dan tidak menimbulkan sesuatu yang berbahaya bagi makhluk hidup atau perangkat elektronik di bumi.

Asteroid raksasa
Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada tanggal 16 Februari nanti, akan ada sebuah asteroid raksasa yang dinamakan 2012 DA14 dengan ukuran 45 meter akan melesat melewati bumi.

Walaupun banyak pengamat mengatakan bahwa melintasinya 2012 DA14 ini tidak akan membawa dampak apapun terhadap kehidupan di bumi, namun jarak lintasnya lumayan dekat yaitu hanya sekitar 21 ribu km saja dari planet ini.



sumber : http://www.merdeka.com/teknologi/2-039serangan039-besar-ke-bumi-di-bulan-februari.html



February 12, 2013

0 komentar:

Post a Comment