Sejarah Perkembangan Windows Selama 30 Tahun

Sejarah Perkembangan Windows Selama 30 TahunMicrosoft meluncurkan versi pertama Windows pada tanggal 20 November 1985. Meski Windows 1.0 memiliki tampilan yang jauh berbeda dari Windows 10, tetapi pada Windows 10, Anda masih akan melihat beberapa elemen penting yang ada pada Windows 1.0 seperti scroll bar, ikon, dialog box dan aplikasi seperti Notepad dan MS Paint.

Windows 1.0 juga sistem operasi yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan mouse. Sementara MS-DOS memaksa penggunanya untuk mengetikkan perintah. Bersama dengan Macintosh pertama, penggunaan mouse mengubah cara masyarakat menggunakan komputer.

Satya Nadella
Satya Nadella CEO Microsoft (Metrotv/APF)
Seperti disebutkan The Verge, ketika itu, banyak orang yang protes karena Windows 1.0 dirasa terlalu fokus pada penggunaan mouse. Dan meski versi Windows pertama buatan Microsoft tak mendapat sambutan yang positif, ia berhasil memulai perang antara Apple, IBM dan Microsoft untuk menyediakan sistem operasi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Di tahun 1985, Windows 1.0 hanya memerlukan 2 floppy disk, memori 256 kb dan sebuah kartu grafis. Jika Anda ingin menjalankan lebih dari satu program, maka Anda akan perlu menggunakan PC dengan sebuah hard disk dan memori 512 kb. Saat ini, Anda tak akan bisa melakukan apa pun hanya dengan memori 256 kb.

Ketika itu, Apple masih fokus pada hardware dan software. Sementara Microsoft telah membuat sistem operasi DOS dengan harga murah untuk PC buatan IBM. Hal ini menjadikan Microsoft sebagai perusahaan software.

Dengan Windows 1.0, Microsoft mengambil sebuah langkah penting dan menjadikan aplikasi dan software sebagai bisnis utama mereka. Dan meskipun IBM sempat untuk merajai arsitektur PC untuk beberapa tahun, Microsoft berusaha untuk memastikan Windows mudah untuk dikonfigurasi ulang dan diubah, sehingga para pengembang dapat membuat aplikasi dengan mudah.

Dan hal inilah yang membuat perusahaan manufaktur PC menggunakan Windows. Microsoft juga mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan software besar.

Windows telah mendominasi industri PC selama 30 tahun. Dan saat ini, Microsoft berusaha untuk mengubah Windows sehingga dapat digunakan di berbagai perangkat yang berbeda. Inilah perubahan tampilan Windows dari Windows 1.0 hingga Windows 10.

Windows 1.0 diluncurkan di tahun 1985. Windows 1.0 memperkenalkan GUI, dukungan untuk mouse dan beberapa aplikasi penting.



Windows 2.0 diluncurkan di tahun 1987. Ia masih menggunakan komputasi 16 bit. Di sistem operasi ini, Word dan Excel pertama kali muncul.


Windows 3.0 diluncurkan di tahun 1990. Sistem operasi ini memiliki Program dan File Manager. Microsoft juga menambahkan Minesweeper pada update 3.1.


Windows NT 3.5 diluncurkan di tahun 1994. Windows NT 3.5 merupakan rilis kedua NT. Ia menandai keputusan Microsoft untuk masuk ke bisnis komputasi dengan fitur file sharing dan keamanan.


Windows 95 diluncurkan di tahun 1995. Windows 95 merupakan salah satu versi Windows yang paling penting. Pada versi ini, Microsoft mulai menggunakan arsitektur 32-bit dan memperkenalkan tombol Start. Sebuah era baru untuk aplikasi muncul. Microsoft juga memperkenalkan Internet Explorer dalam sebuah update.


Windows 98 diluncurkan di tahun 1998. Microsoft berhasil sukses dengan Windows 98 dengan memperbaiki performa Windows 95. Microsoft juga menambahkan beberapa aplikasi yang otomatis ada dan beberapa fitur seperti Active Desktop, Outlook Express, Frontpage Express, Microsoft Chat dan NetMeeting.


Windows ME diluncurkan di tahun 2000. Windows ME fokus pada multimedia. Sayangnya, ia tidak stabil dan memiliki banyak bug. Windows Movie Maker pertama kali muncul di ME.


Windows 2000 diluncurkan di tahun 2000. Windows 2000 didesain untuk komputerclient-server yang ada di perusahaan. Ia didasarkan pada Windows NT. 


Windows XP diluncurkan di tahun 2001. Windows XP menggabungkan fitur sistem operasi untuk konsumen dan juga klien bisnis.


Windows Vista diluncurkan di tahun 2007. Sama seperti Windows ME, Vista juga tak diterima dengan baik. Vista memperkenalkan Aero UI dan juga fitur keamanan yang lebih baik. Microsoft memerlukan waktu sekitar 6 tahun untuk mengembangkan Vista. Dan sistem operasi ini hanya dapat bekerja dengan baik di komputer generasi baru.


Windows 7 diluncurkan di tahun 2009. Microsoft berhasil mengobati kekecewaan pengguna akan Vista dengan Windows 7. Saat ini, Windows 7 merupakan salah satu versi Windows yang paling populer.


Windows 8 diluncurkan di tahun 2012. Microsoft melakukan perombakan desain pada Windows 8. Mereka menghilangkan tombol Start dan menggantinya dengan Start Screen. 


Windows 10 diluncurkan di tahun ini. Kali ini, Microsoft kembali membawa tombol Start. Microsoft juga memperkenalkan beberapa fitur baru seperti Cortana, Micorosft Edge dan fitur yang memungkinkan pengguna Xbox One untuk melakukan streaming ke PC.



Sumber : Metrotvnews.com



November 21, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...