Pelatih Filipina Permasalahkan Kelamin Pemain Putri Voli Indonesia

Tim voli putri Indonesia mendapat protes dari tim voli putri Filipina. Pihak mereka meminta kepada panitia SEA Games untuk memeriksa salah satu pemain Tim Merah Putih Aprilia Santini Manganang. Ia dituduh memiliki masalah gender.

Protes itu diungkapkan langsung pelatih Filipina Roger Gorayeb. Ia menilai Santini bermain layaknya kekuatan pria.

"Ia sangat kuat. Mereka seperti memainkan laki-laki di divisi wanita," ucap Gorayeb.

Protes ini mendapat respon dari panitia penyelenggara. Mereka akan mengadakan tes jenis kelamin kepada Manganang.

Meski begitu, nasib Manganang masih belum ditentukan apakah akan bermain atau tidak pada laga nanti. Soal itu, Gorayeb tetap tidak memusingkan hal itu. Ia mengaku akan tetap memberikan perlawanan yang baik untuk Indonesia.

"Apakah Manganang bermain atau tidak. Itu tidak masalah karena kami akan bermain sebaik mungkin di sini," sambungnya. (Inquirer.net) 

Status Kelamin Dipermasalahkan, Aprilia: Sudah Biasa!

Atlet voli putri Indonesia, Aprilia Santini Manganang jadi sorotan media saat tampil memperkuat tim bola voli putri Indonesia di ajang SEA Games 2015. Fisiknya yang sekilas mirip pria menjadi penyebabnya.

Tim voli putri Filipina yang memulai isu ini muncul. Kubu Filipina yang jadi lawan Indonesia di pertandingan pertama penyisihan grup di SEA Games 2015, melakukan protes kepada panitia karena meragukan status kelamin April.

Aprilia Santini Manganang
Aprilia Manganan (Pict. Metrotvnews)
Namun, protes yang mereka lancarkan sepertinya sia-sia karena tidak mendapat tanggapan dari panitia. April tetap diperbolehkan bermain. Bahkan, April sukses membantu Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor telak 3-0, Rabu 10 Juni.

Seusai pertandingan, April akhirnya buka suara soal tudingan Filipina. Ia mengaku tenang menghadapi situasi ini. "Saya sudah biasa menghadapi situasi ini. Masalah seperti ini sudah pernah saya alami saat tampil di Proliga. Tapi, selama saya benar, saya tidak akan takut. Saya maju terus," ujar Aprilia saat diminta komentarnya soal permasalahan yang dihadapinya.

Aprilia kerap jadi sasaran cemoohan fan Filipina yang mengisi mayoritas kursi di Hall 2 OCBC Arena, Singapura saat melawan Indonesia. 

"Saya sempat gugup di awal pertandingan karena ini kali pertama saya tampil membela timnas di ajang SEA Games," imbuhnya.

"Soal cemoohan itu justru membuat saya makin termotivasi untuk memberikan yang terbaik," lanjutnya.

April memang mampu membuktikan mentalnya tidak terpengaruh dengan permasalahan ini. Pada laga itu, ia sukses tampil sebagai pencetak poin terbanyak untuk tim merah putih dengan 13 poin.



June 11, 2015

1 komentar:

  1. memang atlet voli ini memiliki paras yang cantik sekali. tidak hanya wajahnya yang cantik tetapi postur tubuhnya juga oke hihi :)

    ReplyDelete