Akhirnya Kemkominfo Blokir 20 Situs MMM

Akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) blokir 20 situs MMM (Mavrodi Mondial Moneybox) atas permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena dinilai telah meresahkan masyarakat.

Kepala Humas dan Pusat Informasi Kemkominfo Ismail Cawidu, mengatakan, 20 situs tersebut, yakni Indonesia-mmm_net, mmmindonesialegal.com, klikmmm.com, websupportmmm.com, bisnismavro.com, mmmindonesiaclub.com, mmmindonesian.com, bisnis3m.com, mmmindonesia1.com, mmmlovers.com, mmmindo.com.

access denied
Ilustrasi (Depositphotos)
Selanjutnya, lk.sergeymavrodi.com, lk.sergey-mavroi-mmm.org, mmmcommunity.net, mmmindonesia9.com, mmm-dotinfo.com, mmmincome.com, 2012.sergey-mavrodu.ms, 2012.sergey-mavrodi-mmm.net dan 2012.sergeymavrodi.com.

"Pemblokiran dilakukan setelah Ketua Dewan Komisioner OJK menyampaikan pengaduan kepada Kemkominfo yang kemudian dibahas oleh Panel Investasi Illegal, Penipuan, Obat dan Makanan, Perjudian dan Narkoba," kata Ismail, Sabtu (18/4).

Panel kemudian merekomendasikan pemblokiran tersebut dengan pertimbangan, situs MMM tersebut tidak memiliki badan hukum serta domisili hukum yang menyelenggarakan transaksi elektronik sesuai dengan peraturan yang ada.

Tidak memiliki struktur organisasi yang jelas. Adanya pernyataan kekhawatiran masyarakat terhadap dana yang digunakan untuk mengikuti kegiatan MMM.

Selain itu, Sergey Mavrodi tersangkut masalah hukum di Rusia (dipidana penjara) karena kegiatan terkait MMM di Rusia. Penegak hukum di India juga telah menangkap beberapa orang yang terkait dengan kegiatan MMM di India. Selain itu Majelis Ulama Indonesia juga menyamapaikan pandangannya kegiatan MMM bersifat riba dan haram.

Berdasarakan hal itu, Satgas Waspada Investasi menilai muatan informasi dalam situs internet MMM sangat berpotensi merugikan masyarakat sebagaimana dimaksud Peraturan Menteri Kominfo Nomor 19/2014 pasal 2 dan pasal 10. Untuk mencegah makin tingginya potensi kerugian masyarakta dan keresahan masyarakat, perlu segera dilakukan pemblokiran atas situs internte MMM.

Untuk itu, Ismail menegaskan, Kementerian Kominfo telah mengintruksikan kepada para penyedia jasa layanan internet (ISP) untuk melakukan pemblokiran 20 situs MMM.



Sumber : BeritaSatu



April 19, 2015

0 komentar:

Post a Comment