Trik Mengatasi Sakit Kepala

Apakah anda sering mengalami sakit kepala? Jika iya, gangguan kesehatan ini tentu sering membuat anda tidak fokus, terutama saat sedang menjalani kegiatan. Rasa sakitnya yang menjengkelkan bisa datang kapan saja, saat beraktivitas ataupun setelah menyantap makanan tertentu. Menurut pakar Kesehatan masalah kesehatan seperti ini sebenarnya masih bisa diatasi tanpa obat-obatan tertentu, yang justru sebaliknya memberikan efek samping.

Cara pertama ialah berolahraga dengan rutin minimal 20 menit setiap 3 kali dalam seminggu. Selain sehat, cara ini juga bisa menghindarkan anda dari sakit kepala. Cara lain ialah dengan relaksasi, terutama saat anda sedang dilanda stres ataupun emosi. Hanya cukup mengambil nafas dalam-dalam saat kondisi ini. Relaksasi sederhana ini cukup efektif mengatasi sakit kepala. 

Selain itu, segera istirahatkan tubuh anda bila sudah merasa sangat lelah, misalnya dengan tidur teratur di malam hari. Bila masih beraktivitas, anda bisa bangun dari kursi beberapa saat dan lakukan strectching atau peregangan dengan menggerakan leher atau bahu. 
sakit kepala
Sakit kepala, Pic. Caraterkini.com

Bagi perokok aktif, ada baiknya bila kebiasaan merokok segera dihentikan. Merokok seringkali memicu rasa sakit pada kepala, dan rasa sakitnya bisa sangat mengganggu bila kebiasaan ini diteruskan. 

Trik lainnya ialah dengan menetapkan jam makan. Alangkah baiknya untuk makan di jam yang sama secara teratur untuk mencegah sakit kepala. Pemilihan makanan yang dikonsumsi sering menjadi kunci kesehatan tubuh. 

Nah, mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik bisa mengatasi sekaligus mencegah sakit kepala muncul kembali. Alangkah baiknya bila anda bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh anda adalah satu hal yang sering menyebabkan sakit kepala. Hal ini bisa diatasi dengan minum air putih dengan teratur atau mengonsumsi buah-buahan segar sebagai sumber vitamin untuk tubuh. 

Beberapa buah-buahan yang baik untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala karena kandungan airnya yang banyak antara lain melon, semangka, dan nanas. Kandungan air dalam buah bisa membantu mencukupi cairan dalam tubuh anda. Di dalamnya terdapat kandungan potassium, bromelain, dan magnesium juga. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa mengurangi rasa sakit kepala dan menghindarkan anda dari gangguan kesehatan ini. 

Semoga dengan mencoba trik ini semoga bisa menjadi jalan keluar alami untuk rasa sakit kepala yang anda alami.



December 18, 2014

0 komentar:

Post a Comment


loading...