Bahaya Makan Sate Setengah Matang

Bahaya Makan Sate Setengah Matang
sate, @99resepmasakan.blogspot.com
Ada beberapa hal yang bisa Anda nikmati (dan hindari) apabila kehamilan menjadi goal Anda dalam waktu dekat seperti yang dikutip dari laman Ghiboo. So take a note, ladies.

Hindari:

Makanan mengandung preservatif, seperti makanan dan minuman yang berasal dari kaleng, termasuk diet soda yang juga mengandung aspartam (pemanis buatan) yang tidak baik untuk kesehatan rahim.

Olahraga terlalu intens, karena bisa mengacaukan siklus haid, yang idealnya terjadi antara 21-35 hari. Angka BMI (Body Mass Index) yang bagus adalah antara 19-25.


Kopi, karena bisa mengakibatkan konstriksi pembuluh darah di rahim, yang mengakibatkan sel telur tidak bisa menempel di rahim.

Seafood, terutama sajian yang mengandung merkuri tinggi, seperti kerang. Kalau memang mengidam seafood, lebih baik pilih di tempat yang memang terjamin bersih, dan pesan ikan seperti tuna, karena kaya akan Omega 3 (lihat daftar DOs).

Raw food. Hindari makanan-makanan yang biasanya disajikan mentah, makanan seperti steak, sushi atau sashimi. Kalaupun ingin makan steak, pesan yang well done. "Jika makan sate, harus yakin bahwa semua bagian dagingnya sudah masak karena tusuk sate yang terbuat dari kayu tidak menghantarkan panas, sehingga ada kemungkinan daging di sekitar tusuk sate masih mentah," ujar Dr. Kencana. Salah satu dampak dari memakan daging yang masih mentah adalah penyakit toxoplasmosis, yang bisa mengakibatkan katarak atau perkapuran di otak bayi.

Over-the-counter drugs. Ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi, maka apabila Anda terkena sakit pada saat itu, sebaik? ya berhati hati dalam me?ngonsumsi obat yang Anda beli.

Konsumsi:
Asam Folat. Berfungsi untuk regenerasi sel-sel tubuh. Banyak ditemukan di sayur-sayuran hijau, seperti bayam dan asparagus, dan buah-buahan seperti kiwi dan alpukat. Sumber lainnya termasuk biji bunga matahari, putih telur, dan kacang-kacangan. It?s okay to take supplement, asal memenuhi asupan 400 mcg setiap hari.

Omega 3. Fatty acid ini sangat manjur untuk kesehatan otak. Anda bisa mendapatkannya dari ikan-ikan laut, seperti tuna dan salmon, dan kacang-kacangan seperti kacang kedelai, flaxseed, dan walnut. Atau Anda bisa membeli produk telur yang sudah diberikan kandungan Omega 3 di supermarket terdekat kesayangan Anda.

Safe Sex. Penyakit-penyakit seksual seperti chlamydia atau gonorea akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan fallopian tube, atau saluran rahim, sehingga bisa menghalangi terjadinya pembuahan.

Check-up setahun sekali, untuk melakukan pap smear, sehingga apabila terjadi kelainan (seperti infeksi dan kista) bisa segera terdeteksi dan diatasi.



March 04, 2013

2 komentar:

  1. wuih, ternyata mkn sate yg setengah matang berbahaya buat janin yaa...!!
    baru taw..

    ReplyDelete