Konsumsi Semangka Cara Paling Ampuh Atasi Serangan Jantung

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci. 

Semangka Cara Paling Ampuh Atasi Serangan Jantung
Semangka adalah buah yang menyegarkan dan bisa mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Namun buah yang mengandung banyak air ini ternyata juga memiliki manfaat lain, terutama pada orang yang kelebihan berat badan.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi semangka bisa mencegah serangan jantung pada orang yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas. Selain itu, buah ini juga diketahui bisa menurunkan tekanan darah pada orang gemuk, bahkan ketika mereka berada di cuaca yang dingin.

Selama ini banyak orang yang mengalami serangan jantung di cuaca dingin karena tubuh menaikkan tekan darah demi menghangatkan tubuh. Pada orang yang kelebihan berat badan, jantung akan memompa darah dengan lebih keras sehingga bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun penelitian ini mengungkap bahwa mengonsumsi semangka bisa mencegah itu semua, baik dengan cara menurunkan tekanan darah dan menurunkan serangan jantung atau stroke. Professor Arturo Figueroa dari Florida State University menjelaskan bahwa tekanan pada aorta dan pada jantung menurun ketika seseorang mengonsumsi ekstrak semangka.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap 13 pria dan wanita obesitas yang memiliki tekanan darah tinggi selama 12 minggu, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/04). Setengah dari mereka diminta untuk mengonsumsi ekstrak semangka sementara setengahnya diberikan placebo.

Diketahui bahwa semangka bisa menurunkan tekanan darah dan tekanan pada jantung bahkan di kondisi dingin. Dengan begitu, partisipan tersebut pun berisiko lebih rendah untuk mengalami serangan jantung setelah mengonsumsi ekstrak semangka.

Selain penelitian ini, sebelumnya penelitian juga menemukan bahwa melakukan senam dalam air hangat juga bisa menurunkan tekanan darah. Meski begitu peneliti tak yakin apa yang menyebabkan air hangat bisa menurunkan tekanan darah. Kemungkinan karena hawa hangat bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.



April 08, 2014

8 komentar:

  1. Hmmmm ... siang nanti saya mau cari semangka biar kuat jantung
    :)
    minta komentarnya gan
    http://infoejaman.blogspot.com/2014/03/CapKakiTiga-Setia-Manfaat.html

    ReplyDelete
  2. Hehehe.. silahkan gan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. ternyata buah yang mudah didapat ini memilki banyak khasiat ya gan, nice info for us :-bd

    ReplyDelete
  4. Hampir setiap pagi ane minum jus semangka gan.. Emang hasiat na oke bgt bisa buat diet jg ko....

    ReplyDelete


loading...