Mitsubishi Expander Mirip Pajero Sport, Harga Rp. 189 jutaan

Mitsubishi akhirnya memperkenalkan kepada publik wujud dari Expander, produk baru di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia. Mobil ini digadang-gadang bakal menjadi penantang kuat dari Avanza, Xenia, Mobilio, hingga Ertiga.

Meski nama Expander sudah menggaung, akan tetapi Mitsubishi masih belum mau menyebut nama asli dari mobil yang versi purwarupanya bernama XM Concept. Jenama asal Jepang itu berjanji akan mengumumkannya pada debut resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), yang diselenggarakan dari tanggal 10-20 Agustus 2017 mendatang.

Jika dicermati desain Mitsubishi Expander sangat mirip dengan Pajero Sport. Namun kali ini hadir dalam bentuk mini. Hal itu terlihat mulai dari bonnet dinamic shield, meliputi grille memanjang plus lampu LED yang diteruskan ke sudut pilar A.

Dari sudut depan menyamping, kehadiran nuansa Pajero kembali benar-benar kentara, dipertegas dengan bentuk lekuk bodi dari bawah spion hingga lampu belakang. Termasuk fender roda belakang yang menggembung.

Mitsubishi Expander

Pada bagian belakang, bumper nampak memiliki desain sederhana namun buritan dilengkapi diffuser dan reflektor di bagian bawah. Lampu ekornya juga identik dengan generasi Pajero Sport, namun yang model lama. Mitsubishi sejauh ini memang menyatakan bahwa Expander menggabungkan elemen sebuah Sport Utility Vehicle dan MPV. Secara garis besar MPV ini terlihat "matang" dan desain keseluruhannya elegan.

Melirik pada bagian interior, MPV dengan kursi tiga baris dan dapat menampung tujuh penumpang tersebut mengusung layar hiburan yang cukup menarik. Roda kemudi berprofil tiga spoke, ada ventilasi AC. Keseluruhan tema interior yang dianut yakni dua warna, dengan sentuhan krem dan abu-abu. 

"MPV baru ini dikembangkan untuk memanjakan pemilik small MPV di Indonesia. Ketujuh penumpang akan berkendara dengan nyaman dalam kelegaan kabin untuk barang bawaan dan kargo, semuanya dengan harga yang kompetitif," kata Kyoya Kondo, Presiden Direktur dari PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) di Jakarta. 

Generasi terbaru mobil keluarga yang ditawarkan Mitsubishi juga terlihat memberi kenyamanan ruang dan utilitas cukup apik, melalui interiornya yang sangat bervariasi, akses mudah ke kursi baris ketiga dan nyaman. Kompartemen bagasi juga luas.

Untuk sektor dapu pacu, Expander dijejali mesin MIVEC 1,5 liter. Tenaga ditransmisikan ke roda depan melalui gearbox manual lima-kecepatan atau gearbox otomatis empat-percepatan. Expander juga dilengkapi tombol tanpa kunci, dan lampu depan akan menyala selama 30 detik setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

"MPV baru ini akan membuktikan kemampuannya sebagai pendaki yang dapat diandalkan, bahkan dalam kondisi tujuh penumpang," kata Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategy Division, MMC Jepang, di Jakarta.

Jelas Expander nampak lebih elegan dari model-model yang ditawarkan kompetitor. Meski pasar tentu tak bisa ditebak, mengingat kompetitor selama ini memiliki layanan aftersales serta purnajual yang cukup baik. Sementara soal harga, Expander akan dijual dengan harga mulai Rp189 jutaan (termurah) hingga Rp246 jutaan (termahal).

Mitshubishi akhirnya telah memperkenalkan mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza. Dengan bentuk lebih macho, mobil berjenis small MPV ini sangat menarik perhatian. Lihat di sini.



July 25, 2017

0 komentar:

Post a Comment


loading...