Waspada, Kelebihan Kalsium Sebabkan Serangan Jantung

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi manusia: Mengaktifkan saraf. Melancarkan peredaran darah.

Tapi apa jadinya jika seseorang mengalami kelebihan kalsium? Studi membuktikan, orang dengan jumlah proporsional lebih tinggi lemak diprediksi mengalami gangguan arteri. Begitu juga studi terbaru menunjukkan, orang dengan asupan tinggi kalsium berisiko mengalami serangan jantung.

"Ini penanda penyakit, bukan penanda risiko. Dan kami pikir itu mungkin prediktor yang sangat penting," kata Brent Muhlestein dari Intermountain Medical Centre Heart Institute di Utah, Amerika Serikat.

serangan jantung

Aterosklerosis disebabkan ketika plak mengakibatkan penumpukan di arteri. Risiko lainnya juga dapat mengalami penyempitan dan pengerasan arteri.

"Kami sebelumnya berpikir jika plak lunak bisa pecah dan menyebabkan serangan jantung. Berdasarkan penelitian baru kami, plak tersebut dapat mengakibatkan gangguan kardiovaskular," tambah Muhlestein.

Untuk penelitian ini, tim mengevaluasi komposisi plak arteri koroner yang diidentifikasi dalam mata pelajaran melalui komputerisasi tomografi (CT) angiografi koroner. Pasien hampir tujuh tahun menjalani studi ini dengan berbagai tahapan. Demikian dilansir Timesofindia, Sabtu (25/3/2017).

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form