7 Cara Ampuh Atasi Computer Vision Syndrome

Pemakaian komputer di era digital ini untuk pekerjaan sehari-hari adalah hal yang biasa. Namun, pernahkah Anda merasakan tegang pada mata, sakit kepala, penglihatan kabur, sakit pada leher dan punggung? Jika iya, bisa jadi Anda terkena Computer Vision Syndrome (CVS). 

CVS merupakan dampak negatif pada mata yang terjadi akibat aktivitas mata yang berlebihan di depan layar komputer, tablet, dan smartphone. Berdasarkan survei yang dilakukan National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), keluhan pada mata yang terjadi akibat aktivitas di depan komputer bisa mencapai 75-90 persen. 

Gangguan pada mata ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gangguan visus pada mata sebelumnya, posisi tubuh terhadap layar yang tidak tepat, lingkungan tempat kerja yang tidak memadai, dan waktu kerja yang panjang. Faktor – faktor yang berpengaruh tersebut menyebabkan penurunan kemampuan mata untuk berakomodasi.

Berikut adalah beberapa gejala yang Anda rasakan apabila terkena CVS:
  • Sakit kepala yang dirasakan selama dan setelah bekerja di depan layar komputer
  • Tubuh terasa pegal dan letih
  • Sensasi terbakar pada mata
  • Pandangan menjadi kabur saat melihat
  • Mata terasa letih dan kering
  • Nyeri pada pundak, bahu, dan punggung
computer vision syndrome

Agar mata Anda tidak terkena Computer Vision Syndrome, berikut 7 Cara Ampuh Atasi Computer Vision Syndrome yang dapat Anda gunakan untuk mencegah terkena CVS:

1. Letakkan monitor 40 – 60 cm dari mata, badan diposisikan dalam keadaan tegak.

2. Monitor sebaiknya dipasang 10–20cm lebih rendah dari mata, sehingga mata dapat melihat lebih ke bawah. Layar monitor sebaiknya dimiringkan sedikit ke atas.

3. Tempatkan sumber cahaya pada bidang tegak lurus terhadap komputer, sehingga cahaya tidak menyilaukan mata dan tidak terlihat pantulannya pada layar monitor.

4. Gunakanlah jenis huruf dengan ukuran yang cukup besar.

5. Aturlah layar monitor pada kontras yang sesuai dan nyaman pada mata Anda.

6. Berusahalah untuk berkedip lebih sering.

7. Seringlah mengistirahatkan mata sejenak yaitu dengan tidak melihat ke layar monitor atau tutuplah mata secara berkala beberapa detik/menit, setelah bekerja di depan komputer selama 2 jam.



March 04, 2017

0 komentar:

Post a Comment