Macam-Macam Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Lokasi sakit kepala juga bisa berbeda-beda. Terkadang di bagian depan, tengkuk, atau hanya di satu sisi bagian kepala saja. Anda mungkin tidak terlalu memahami apa arti dan penyebab dari sakit kepala yang Anda rasakan. Padahal sakit kepala di setiap bagian memiliki penyebab yang berbeda. Sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda juga. 

Berikut ini beberapa jenis sakit kepala dilihat dari lokasinya sebagaimana dilansir 1health :

Satu sisi kepala

Sakit kepala yang satu ini disebut dengan migrain. Migrain seringkali menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan biasanya terjadi berulang kali di sisi yang sama. Migrain juga sering disertai dengan gangguan penglihatan dan pendengaran, serta menyebabkan mual dan muntah. Penyebab umumnya adalah perubahan hormon selama atau sebelum masa menstruasi, stres, kurang tidur, perubahan cuaca, konsumsi makanan yang mengandung pengawet, penyedap rasa, dan pemanis buatan.

Dahi dan mata

Sakit kepala yang dirasakan di sekitar dahi dan mata disebabkan oleh adanya masalah pada pencernaan. Sakit kepala di bagian tersebut sering disertai dengan gangguan pada perut, ginjal, usus dan empedu. Sakit kepala yang satu biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan atau keracunan makanan.

headache

Dahi

Sakit kepala yang hanya dirasakan di bagian dahi, biasanya akan terjadi saat Anda sedang gelisah, takut, panik atau gugup. Coba tenangkan pikiran Anda, agar sakit kepala segera reda.

Tengkuk hingga atas kepala

Bila Anda merasakan sakit kepala di bagian ini maka sebaiknya Anda beristirahat atau berlibur karena sakit kepala yang satu ini akan terjadi bila Anda sedang stres.

Dahi, mata, dan batang hidung

Sakit kepala pada bagian dahi, mata, dan batang hidung, disebabkan oleh adanya sinusitis. Jadi, sebaiknya segera periksakan diri Anda bila sering mengalami sakit kepala di bagian tersebut. Jangan biarkan diri Anda tersiksa lebih lama lagi, dengan sakit kepala dan sinusitis yang akan semakin parah.



February 28, 2017

0 komentar:

Post a Comment