Cara Mudah Atasi Rasa Lelah

Kondisi tubuh yang sangat lelah bisa memengaruhi fisik maupun mental. Keduanya saling memengaruhi, lelah secara fisik akan memicu lelah secara mental, begitu juga sebaliknya. Sehingga, tak sedikit orang yang mengalami kelelahan dengan gejala pegal dan pusing kemudian jadi sulit berkonsentrasi. Ada beberapa hal yang bisa memicu kelelahan, seperti kurang tidur, tingkat stres yang tinggi, hingga aktivitas yang terlalu berat. Untuk mengatasinya, Anda perlu memerhatikan pemicunya, sehingga bisa diatasi dengan tepat.

Kurang tidur

Rasa lelah pada tubuh bisa timbul bila kebutuhan tidur Anda tidak tercukupi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbaiki pola tidur Anda. Mulai dari menetapkan jadwal tidur yang teratur, memperbaiki posisi tidur, menciptakan kamar tidur menjadi lebih nyaman, hingga meredakan stres.

Bila hal ini tak juga bisa menyelesaikan masalah Anda, coba dengan membuat tubuh Anda relaks sebelum tubuh dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan theanin pada teh hijau mampu meningkatkan kualitas tidur dan memberikan Anda energi baru ketika terbangun dari tidur Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung melatonin atau glycine. Melatonin membantu mengirimkan signal tidur pada tubuh dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Sementara glycine yang memiliki beberapa manfaat gabungan dari melatonin dan theanin bisa membantu memperbaiki kualitas tidur Anda.

Stres

Tingkat stres juga bisa menjadi salah satu penyebab kelelahan pada tubuh Anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengelola stres yang sedang Anda alami. Temukan terlebih dahulu penyebab stres, dan atasi segera dengan mencari solusinya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung tirosin. Tirosin berguna untuk mengirimkan beberapa reaksi kimia yang melibatkan kondisi otak, seperti kewaspadaan mental. Suplemen dengan senyawa ornithine juga biasa digunakan untuk mengatasi masalah beban pikiran seseorang. Ornithine berkhasiat untuk meredakan beban pikiran pada orang yang mengalami stres.

lelah

Aktivitas berat

Aktivitas atau olahraga yang terlalu berat dengan intensitas waktu yang panjang, bahkan melebihi kemampuan tubuh juga bisa menyebabkan kelelahan. Untuk terhindar dari masalah kelelahan akibat berolahraga, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung creatine. Creatine dapat mempromosikan penggunaan energi secara efektif dan melawan kelelahan akibat latihan fisik. Senyawa glukosa juga baik untuk mengatasi kelelahan akibat latihan. Selain dapat meningkatkan kinerja tubuh, glukosa juga mampu mempertahankan energi.

Meskipun suplemen-suplemen tersebut bisa membantu mengatasi kelelahan, namun Anda perlu mengusahakan cara yang lebih alami. Bagaimanapun mengonsumsi bahan yang tidak alami akan memengaruhi tubuh. Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen.


Sumber : 1Health



February 27, 2017

0 komentar:

Post a Comment


loading...