Cara Tepat Atasi Sembelit

Kejadian sembelit berbeda-beda ada orang yang mengalami sembelit untuk waktu singkat, tapi ada juga yang bisa mengalami sembelit dalam jangka panjang atau kronis. Jangan anggap sepele masalah sembelit sebab sembelit dalam jangka panjang dapat menyebabkan hemoroid atau wasir, serta menumpuknya tinja kering dan keras di rectum. Sembelit bisa terjadi karena Anda kurang mengonsumsi makanan yang berserat. Untuk lebih jelasnya akan kami bagikan informasinya untuk Anda.

sembelit
PENYEBAB

Kejadian sembelit atau konstipasi ini dipicu oleh beberapa faktor, antara lain kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk buang air besar. Selain gaya hidup yang kurang sehat, konstipasi juga dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu dan kondisi mental seperti kecemasan dan depresi.

PENGOBATAN

Perubahan pola makan dan gaya hidup dianjurkan sebagai penanganan pertama untuk mengobati sembelit. Jika perubahan sederhana pada pola makan dan gaya hidup tidak bisa membantu, disarankan untuk berobat dokter. Setelah mendiagnosis keadaan pasien, dokter biasanya akan memberikan obat pencahar untuk melancarkan proses buang air besar. Langkah ini pada umumnya efektif, tapi tubuh membutuhkan waktu beberapa bulan untuk membiasakan diri dengan proses buang air besar secara rutin.

PENCEGAHAN

Meskipun orang jarang mengkhawatirkan masalah sembelit, kebanyakan orang akan mengalaminya. Berikut ini tips mencegah terjadinya sembelit pada diri Anda :
  • Konsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran, biji-bijian gandum, buah-buahan segar. Dengan mengonsumsi sayur-sayuran kakan membantu tubuh untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi.
  • Konsumsi kacang-kacangan seperti kacang buncis dan kacang merah. Perlu Anda ketahui bahwa kacang memiliki serat yang tinggi. Hal ini akan membantu untuk mencerna makanan dan mencegah sembelit.
  • Berolahraga secara teratur, seperti berjalan. Dengan berolahraga secara teratur dan melakukan aktivitas akan membuat tubuh lebih mudah mencerna makanan karena metabolisme tubuh menjadi lancar.
  • Hindari asupan obat yang dapat menyebabkan sembelit 
  • Penggunaan obat pencahar secara aktif bisa membuat masalah sembelit buruk dalam jangka panjang dan harus dihindari
  • Segera tuntaskan BAB jika memang sedang “ingin” 



December 06, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...