Mengenang Kejayaan Valentino Rossi di MotoGP

Nama pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi sedang hangat diperbincangkan dalam sepekan terakhir. Aksi kontroversialnya ketika menendang pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu 25 Oktober menjadi penyebabnya.

Nyaris semua media sosial ramai dengan kabar tentang Rossi. Tak terkecuali di media sosial Youtube. Video-video aksi Rossi selama jadi pembalap profesional laku disaksikan oleh netizen. Salah satunya aksi pembalap berjuluk The Doctor tersebut ketika "mengaspal" di Sirkuit Sentul, Bogor pada 1997 silam.

Mengenang Kejayaan Valentino Rossi di MotoGP
Georges Gobet/AFP/Metrotvnews
Rossi masih berusia 18 tahun dan tampil di MotoGP kelas 125cc ketika itu. Pada 1997, Rossi start dari posisi keempat di belakang Martinez, Manako, dan Sakata. Ia berada di posisi tersebut karena hanya mencatat waktu satu menit 34,745 detik di babak kualifikasi. Sedangkan Martinez yang menempati pole position mencatat waktu satu menit 34,393 detik.

Pembalap asal Italia tersebut tetap tampil memukau meski start dari posisi keempat. Setelah melahap 26 lap, Rossi yang kala itu bergabung bersama tim Aprilia mampu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 14,511 detik. 

Kemenangan pada balapan itu sekaligus menjadi ajang balas dendam Rossi kepada pembalap asal Jepang, Masaki Tokudome. Pada GP Sentul 1996, Rossi harus puas berada di posisi kedua di belakang Tokudome. Setahun berselang, giliran Tokudome yang gigit jari. Ia hanya finis di urutan keenam ketika Rossi secara meyakinkan mampu menjadi juara.



October 29, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...