5 Penyebab Tubuh Sering Gemetar

Tremor adalah getaran atau menggigil yang terjadi secara tidak sadar. Akan tetapi tremor biasanya merupakan indikasi terdapatnya gangguan sistem saraf yang berat. Sumber lain menjelaskan bahwa tremor adalah gerakan otot yang terjadi secara ritmis dan bolak-balik yang tidak disengaja pada satu atau lebih bagian tubuh. 

Sebagaian besar orang awam sudah mengenal dengan adanya getaran yang tidak sadar pada tangan yang mereka rasa alami saat mereka sedang gugup atau sedang mengalami syok berat.

Maka, berhati-hatilah jika kerap mengalami tremor! Dikatakan ahli kesehatan, gemetar yang biasa terjadi pada tangan, lengan, dan kepala ini bisa berakibat fatal bila tak ditangani dengan tepat. Lantas, apa sebenarnya penyebab masalah kesehatan tersebut?

Multiple sclerosis

Terjadi saat sel-sel saraf otak dan sumsum tulang belakang mengalami gangguan. Multiple sclerosis biasa disebut penyakit inflamasi yang mana bisa mengakibatkan masalah neurologis serta tremor.

Stroke

Gemetar pada tubuh juga bisa disebabkan oleh stroke. Kata periset, terganggunya suplai darah ke wilayah otak bisa memicu terjadinya tremor.

tremor
Cedera otak traumatis

Salah satu dampak dari cedera otak adalah tremor parah. Dilansir Boldsky, cedera ini biasanya terjadi karena luka trauma di otak, baik yang terjadi secara eksternal maupun internal. Dalam kasus parah, masalah ini bisa menyebabkan cacat bahkan kematian.

Parkinson

Tremor jadi salah satu gejala utama penyakit Parkinson. Biasanya, gemetar parah akan terjadi pada bagian tangan. Penyakit ini sendiri terjadi karena adanya gangguan degenerarif di sistem saraf pusat yang pada akhirnya menimbulkan cacat otak.

Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol berlebih juga bisa menimbulkan tremor pada tubuh. Karenanya, hentikanlah kebiasaan menenggak minuman keras tersebut bila tak ingin mengalaminya.

Itulah beberapa penyebab tubuh Anda mengalami getaran secara tiba-tiba. Jika Anda mengalaminya, ada baiknya untuk kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan medis sejak dini. Jangan sampai terlambat!



October 21, 2015

1 komentar: