Manfaat Lebih Teh Hijau Untuk Pria

Sangat beruntunglah Anda yang menjadi penggemar teh hijau. Karena sejumlah khasiat terkandung di dalam jenis teh ini. Di antaranya membantu menghambat perkembangan sel kanker prostat pada kaum pria.

Berdasarkan hasil studi yang dilansir dalam jurnal Cancer Prevention Research, komponen aktif teh hijau yang bernama catechin bisa mencegah kanker prostat pada lelaki.

"Hasil studi memperlihatkan, catechin menghambat pertumbuhan dan perpindahan sel kanker serta merangsang kematian sel kanker," kata kelompok peneliti dari Moffitt Cancer Center yang dipimpin Nagi B. Kumar.

green tea
Epigallocatechin-3-gallate (ECG) adalah catechin yang paling banyak ditemukan di dalam teh hijau, dan komponen inilah yang paling bertanggung jawab mencegah efek kanker. Dari total konsumsi teh hijau di dunia, sekitar 20 persen dikonsumsi orang-orang Asia. Di wilayah ini, kematian akibat kanker prostat paling rendah di dunia.

Teh hijau memiliki sedikit kafein. Teh ini sangat aman bagi kesehatan. Berbeda dengan kopi, yang lebih kuat dan lebih banyak mengandung kafein.

Teh hijau juga bermanfaat memperlancar sistem pernapasan. Teh hijau memiliki dua kandungan alkaloid, yaitu theobromine dan theophylline. Keduanya memiliki struktur molekul yang hampir sama seperti kafein. Theobromine dapat merangsang kinerja jantung dan sedikit bersifat diuretik.

Teh hijau pun dapat meningkatkan fungsi kognitif. Teh hijau mengandung zat asam amino L-theanine. Zat ini sangat istimewa. Asam amino L-theanine diketahui sangat berpengaruh untuk memperkuat dan memberikan rangsangan mental serta kemampuan fokus seseorang. Asam amino yang terdapat di dalam teh ini dapat meningkatkan serotonin dan dopamin di dalam otak, kemampuan kognitif dan belajar, dan daya ingat.

Meskipun teh mengandung kafein, Anda tidak akan dibuat gelisah gara-gara zat itu. Sebab teh mengandung sedikit kafein. Teh hijau memberikan manfaat dari kafein yang diproduksi, yaitu membuat Anda tetap berfokus dan waspada. Kafein di dalam teh hijau tidak berefek samping seperti kafein pada kopi.

Di dalam teh hijau banyak tersimpan antibiotik alami dan klorofil yang bisa digunakan sebagai penyegar napas. Stimulan pada teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan sangat baik jika digunakan untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dan maksimal. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa membantu mencegah proses peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.



June 01, 2015

0 komentar:

Post a Comment