Gol Jitu Rakitic Membawa Barcelona Unggul atas Juventus

Barcelona menang tipis 1-0 atas Juventus dalam final Liga Champions 2014--2015, Minggu 7 Juni. Gol Barcelona dicetak oleh gelandang asal Krosia, Ivan Rakitic pada menit ke-4 dengan memanfaatkan umpan matang dari Andres Iniesta di dalam kotak penalti.

Sebelum unggul, Barcelona sempat kewalahan menghadapi serangan bertubi-tubi Juventus pada menit-menit awal. Bahkan, sejumlah kesalahan elementer dibuat oleh bek Barcelona, Javier Mascherano ketika berusaha menghalau serangan La Vecchia Signora. Salah satu kesalahan eks Liverpool itu membuat Juventus mendapat tendangan sudut pada menit ke-3.

juventus
Barcelona rayakan gol(ODD ANDERSEN / AFP)
Setelah Juventus gagal mencetak gol memanfaatkan situasi tendangan sudut, Barcelona menggebrak melalui pergerakan Dani Alves dan Lionel Messi di sisi kiri pertahanan Juventus. Tanpa memegang bola terlalu lama, Messi melepaskan umpan silang kepada Jordi Alba yang sudah mengisi sisi kanan pertahanan Juventus. Dari sini, kombinasi Alba, Iniesta, Suarez, dan Rakitic akhirnya membuahkan gol pertama bagi skuat asuhan Luis Enrique tersebut. Hebatnya, sebelum gol tercipta, Opta mencatat para pemain Barcelona lebih dulu melakukan 16 umpan antarpemain.

Juventus mulai kelimpungan sejak gol itu tercipta. Mungkin karena frustrasi terus digempur Barcelona, gelandang La Vecchia Signora, Arturo Vidal berkali-kali melakukan tekel keras. Setelah tiga kali mendapat peringkatan, Vidal akhirnya diberi kartu kuning usai menjegal Sergio Busquets di tengah lapangan.

Carlos Tevez dkk yang bermain dengan strategi serangan balik setelah tertinggal sempat menciptakan sejumlah peluang ketika laga memasuki menit ke-20. Salah satu peluang mencetak gol tercipta pada menit ke-23 melalui sepakan Tevez. Namun usaha striker asal Argentina itu gagal membuahkan gol karena masih bisa ditahan oleh kiper Barcelona, Marc Andre ter Stegen.

Blaugrana seolah tersengat dengan serangan cepat Juventus. Guna memastikan gawang Ter Stegen tidak lagi diganggu, Iniesta dkk makin gencar melakukan serangan sehingga memaksa Juventus bertahan total. Barcelona memiliki dua kesempatan mencetak gol pada menit ke-38 dan ke-40 melalui Suarez dan Neymar. Tapi gol tidak terjadi karena sepakan Suarez melebar sedangkan tembakan keras Neymar berhasil dihalau oleh Buffon.

Hingga peluit akhir babak pertama ditiupkan, skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona tidak berubah.

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form