Cara Mudah Mengatasi Stres Saat Ramadan

Cuaca yang panas, pekerjaan yang numpuk dan aktivitas sehari-hari yang padat tidak jarang membuat seseorang merasa cepat lelah dan bahkan mengalami stres.

Jika di hari biasa saja aktivitas yang padat membuat seseorang merasa sangat lelah dan cukup stres. Jika di hari biasa saja padatnya aktivitas bisa membuat seseorang cukup stres, lantas bagaimana jika hal ini terjadi saat puasa Ramadan? Dilansir dari laman emirates247.com, sejatinya ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan selama bulan Ramadan untuk mengatasi stres. Apa sajakah tips tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Jangan Melewatkan Makan Sahur

stress
Wafa Ayesh, seorang direktur di Clinical Nutrition pada DHA mengungkapkan bahwa Ramadan adalah cara termudah bagi seseorang untuk dapatkan fisik maupun psikis yang lebih sehat dari biasanya. Meski begitu, Wafa juga mengungkapkan bahwa Ramadan rentan membuat seseorang menjadi stres karena aktivitas yang terlalu pada sehari-hari.

Untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan untuk siapapun yang akan menjalankan ibadah puasa agar tidak melewatkan makan sahur. Saat makan sahur, pastikan pula untuk memilih makanan yang mampu menutrisi tubuh dengan baik.

Pastikan Memiliki Tidur Cukup

Selain aktivitas yang sangat padat, kualitas tidur juga akan menentukan kesehatan fisik maupun psikis seseorang. Menurut beberapa ahli, kurang tidur menjadi penyebab utama seseorang mengalami stres, kelelahan bahkan depresi berat. So, pastikan untuk memiliki istirahat dan tidur cukup baik di siang hari ataupun malam hari selama Ramadan untuk mengatasi stres yang kemungkinan berisiko pada diri Anda.

Penuhi Dengan Baik Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Selama bulan Ramadan, agar terhindar dari masalah stres dan kelelahan, selalu pastikan bahwa Anda mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik. Konsumsi air minum yang banyak di saat buka ataupun sahur agar Anda tidak mengalami dehidrasi saat siang hari. Usahakan minum air putih dan jus buah tanpa gula agar tubuh Anda makin fit serta bahagia.

Hindari Minuman Mengandung Kafein juga Bersoda

Agar stres bisa diatasi dengan baik, sebaiknya Anda menghindari minuman ataupun segala jenis makanan yang mengandung kafein serta soda tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kedua minuman ini bisa memicu stres, depresi dan lelah yang lebih tinggi di dalam diri seseorang.

Guys, itulah beberapa tips sederhana mengatasi stres selama Ramadan. Agar stres bisa teratasi dengan baik pula, pastikan untuk selalu menjadi seseorang yang sabar dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

Jangan lupa pula untuk konsumsi makanan yang menutrisi tubuh dengan baik seperti sayur juga buah. Gimana, sangat mudah bukan? Semoga puasa tahun ini berjalan dengan baik...



June 24, 2015

0 komentar:

Post a Comment