Waspada Wi-Fi Gratisan Hotel dan Penginapan

Bagi siapa saja utamanya anda pengguna gadget sudah pasti tertarik dengan Wi-Fi gratis yang disediakan oleh hotel atau penginapan-penginapan? Namun, dibalik gratisnya tersebut justru para pengamat internet mengimbau netizen untuk menghindari Wi-Fi di hotel-hotel. Ada apa sebab?

Menurut Stephen Moody, Direktur perusahaan solusi digital EMEA, jaringan Wi-Fi di hotel atau penginapan didesain untuk mudah diakses oleh banyak orang. Oleh karena itu, jaringan Wi-Fi seperti ini biasanya tidak dilengkapi dengan pengaman atau enkripsi tertentu.

"Gadget yang terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi yang tidak terenkripsi mudah terpapar oleh virus, peretasan, hingga serangan pada software gadget," ujar Stephen Moody, kepada Techradar (07/05) dalam laman Merdeka.

wi-fi
Lebih lanjut, Stephen mengungkapkan bila seorang hacker bisa dengan mudah masuk ke jaringan Wi-Fi hotel dan meretas gadget-gadget yang tersambung dengan Wi-Fi tersebut.

"Hanya dengan sebuah adapter Wi-Fi murah dan software hacking gratis yang tersedia di internet, seseorang bisa dengan mudah mendengarkan semua percakapan yang Anda lakukan dengan smartphone hingga laptop yang terhubung dengan Wi-Fi hotel," lanjut Stephen.

Hal tersebut diperparah dengan bebasnya akses internet yang diberikan oleh hotel lewat Wi-Fi mereka. Padahal, banyak situs yang dipakai oleh hacker untuk melancarkan aksi peretasan ke gadget pengunjung dan sistem komputer hotel itu sendiri.

Berdasarkan laporan dari Cylance, sebuah software Wi-Fi yang banyak dipakai oleh hotel-hotel diseluruh dunia memiliki lubang keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh hacker. Parahnya, software Wi-Fi itu sudah dipakai di 29 negara di dunia.



May 18, 2015

0 komentar:

Post a Comment