Fakta dan Mitos tentang Bayi Baru Lahir

Berbicara mengenai mitos dan fakta tentang kelahiran seorang bayi tentunya di sekitar kita, masih banyak perdebatan yang terjadi dalam menangani bayi baru lahir. Apa saja itu?

Dokter Spesialis Anak Dr dr Soedjatmiko SpA(K) MSi memberikan tanggapan tentang mitos dan fakta yang masih sering beredar di masyarakat. seperti tiga hal penanganan bayi baru lahir berikut ini dalam rilisan okezone.com.

Langsung diberi makan

Tak sedikit orangtua dulu menyuruh kita langsung memberi makanan seperti madu dan lainnya kepada bayi baru lahir agar mereka memiliki energi. Padahal hal itu tidak boleh dilakukan, karena sangat mengganggu sistem pencernaan yang belum siap mencerna makanan berat. Terpenting yaitu sang ibu harus rela memberikan ASI eksklusif kepada bayi hingga usia enam bulan.

Bayi tidak boleh dibawa jalan-jalan
baby

Ya, hal ini memang dibenarkan karena imunitas bayi sangat rentan terkena polusi udara, sehingga menimbulkan penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. Terlebih bagi sang ibu, fisiknya juga masih belum begitu kuat untuk jalan-jalan dan harus banyak istirahat usai melahirkan

Bayi boleh dibedong

Sampai saat ini tradisi membedong bayi baru lahir di Indonesia masih dilakukan oleh sebagian masyarakat. Membedong bayi memang diperbolehkan tapi jangan terlalu lama. Dalam sehari, sang ibu boleh membedong sang bayi di saat ia tertidur lelap. Efeknya jika terlalu lama membedong bayi akan mengganggu pergerakannya.



May 28, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...