10 Fakta Unik Musik Dangdut Yang Tak Banyak Diketahui

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia dan musik populer tradisional yang sebagian berasal dari musik Hindustan, Melayu, dan Arab. Dangdut bercirikan dentuman tabla dan gendang. Dangdut juga dipengaruhi musik India melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam dengan lagu Boneka India, dan terakhir lahir sebagai Dangdut tahun 1968 dengan tokoh utama Rhoma Irama. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). 

alina saraswati
Alina Saraswati (saraswati.com)
Perubahan arus politik Indonesia pada akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.

Nah, secara nggak langsung itu membuktikan bahwa musik dangdut masih sangat digemari di tanah air. Tapi ada beberapa fakta seru seputar dangdut yang wajib kamu ketahui, seperti dilansir brilio.net (25/3) dari berbagai sumber. Penasaran? Cekidot!

1. Musik asli Indonesia
Memang, tak semua orang Indonesia menyukai lagu dangdut, tapi harus diakui bahwa 'dangdut is the music of my country'. Musik pop, rock, jazz sebenarnya bukanlah milik Indonesia, yang asli Indonesia ya dangdut.

Unsur-unsur yang terkandung di dalamnya adalah campuran dari musik Melayu, India, dan Arab karena dulunya banyak pedagang Arab yang membawa musik gambus dan qasidah. Dengan transformasi yang perlahan-lahan, musik dangdut menemukan bentuk sesungguhnya seperti yang didengar sekarang.

2. Musik sejuta umat
Nggak hanya jadi identitas negeri, dangdut juga bisa membuktikan bahwa musiknya bisa mendunia dan menjangkau segala kalangan masyarakat. Tak hanya itu, dangdut secara konsisten selalu hadir di televisi Indonesia. Buktinya aja sekarang semua acara televisi pasti ada joget dengan lagu dangdut dan banyak yang mulai ketagihan dengan musik ini.

3. Ahli dangdut dari Amerika
Meskipun asli Indonesia, tapi ahli Dangdut adalah orang Amerika, yaitu Profesor Andrew Weintraub. Dia melakukan penelitian seluk beluk musik dangdut sejak tahun 1984 saat dia masih kuliah program sarjana. Hasil karyanya tentang musik dangdut bisa kamu baca lewat buku yang berjudul "Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia."

4. Disukai orang dalam negeri sampai luar negeri
Dangdut ternyata cukup digemari oleh orang-orang di luar Indonesia. Di Jepang ada OM RANEMA (Orkes Melayu Rakyat Negeri Matahari). Ada juga funkot, sebuah jenis musik yang memasukkan unsur-unsur dangdut dan campur sari yang cukup terkenal di Jepang.

Tak hanya itu, bahkan ada bule cantik asal Rusia, Alina Saraswati yang mencoba kebolehannya di industri hiburan dengan membawa sebuah single berjudul 'Pengen Kawin'. Bagi wanita yang mempunyai nama asli Alina Salimgareeva ini, musik dangdut keren sehingga dia begitu mengagumi dan mencintai musik dangdut.

5. Bikin sehat dan bikin hati senang
Goyangan dalam lagu dangdut membuat kamu berasa seperti sedang berolahraga sambil menikmati musik dangdut. Selain bikin kamu keringatan, bisa membuat jantung lebih sehat. Tak cukup bikin keringatan, lirik lagu dangdut sering membuat kamu untuk melupakan masalah sejenak dan bersenang-senang dengan mengajak bergoyang menikmati setiap alunan nadanya. Ayo 'goyang dumang' milik Cita Citata misalnya.

6. Senjata pemanggil massa
Dangdut sangat berguna untuk mengumpulkan massa. Mulai dari acara pernikahan di desa, syukuran sampai acara yang berbau politik. Tak heran musik jenis ini sering digunakan untuk alat kampanye politik. Tinggal undang penyanyi dangdut yang sedang hits saat ini, sediakan tempat dengan panggung yang luas, dan yang paling penting gratis. Dijamin banyak massa datang dengan senang hati.

7. Sudah jarang lagu asli
Dulu lagu dangdut memang memiliki magnet tersendiri, lagu-lagunya yang enak, mengena dan bisa dinikmati. Tapi sekarang, sangat jarang ditemukan lagu-lagu orisinil dangdut ciptaan baru. Paling hanya 'alamat palsu' milik Ayu Ting Ting yang menggebrak. Selebihnya adalah syair lagu pop yang dimusikkan dangdut dengan goyangan seronok. Dan sekarang itulah yang dikenal dengan dangdut bukan irama indah seperti dulu.

8. Tak hanya di kerajaan, dangdut juga punya sosok raja dangdut
Kalau Amerika punya Raja Pop, Michael Jackson, kita punya Raja Dangdut. Adalah Rhoma Irama yang berdakwah lewat dangdut sejak pulang dari menunaikan ibadah haji pada tahun 1975. Anggota bandnya, Soneta, dilarang berzina dan minum-minuman beralkohol. Kalau melanggar, konsekuensinya dikeluarkan dari Soneta.

Lagu dangdut mana yang menurut kamu dikenang begitu lama selain lagu Rhoma Irama lengkap dengan kendang, gitar dan serulingnya? 

9. Punya goyangan dan notasi yang khas
Penyanyi dangdut memang selalu terkenal dengan goyangan khas yang aduhai, sehingga kadang menjadi kontroversi dari beberapa kalangan masyarakat. Setiap penyanyi dangdut pun mempunyai goyangan khas dengan nama tersendiri. 

Menariknya, penampilan para penyanyi dangdut kini tak hanya bermodalkan goyangan saja tapi juga diselingi dengan tarian modern atau nge-dance. Tapi terlepas dari goyangan jenis apapun itu, kalau suara penyanyi dangdut memang bagus dan nggak banyak tampil seronok, rasanya akan lebih pantas diapresiasi karyanya ya. Gimana?

Seiring perkembangan teknologi, musik dangdut kini kerap disisipi komposisi musik elektronik dan terdengar lebih bertenaga.

10. Musik dangdut akan didaftarkan ke UNESCO
Pemerintah pernah ada rencana untuk mematenkan musik asli tanah air ini ke UNESCO. Kalau kita tidak mencintai musik ini, nanti dangdut akan diklaim negara lain, lagi.



Sumber : Wikipedia, Brilio



May 08, 2015

0 komentar:

Post a Comment