Tips Memperkuat Keamanan Perangkat Mac

Tidak berapa lama ini peneliti keamanan Kaspersky Lab menyatakan telah menemukan kerentanan dalam kernel Darwin, sebuah komponen open source baik dalam sistem operasi OS X maupun iOS.

Kerentanan yang dimaksud Darwin Nuke` ini membuat perangkat OS X 10.10 dan iOS 8 mudah terkena serangan denial of service (DoS) yang bisa diaktifkan dari jarak jauh. Hal ini diyakini dapat merusak perangkat pengguna serta berdampak pada jaringan perusahaan yang terhubung dengan perangkat tersebut.

Untuk mengatasi hal demikian itu, tim keamanan Kaspersky Lab memberikan beberapa tips untuk meningkatkan keamanan perangkat Mac.
  1. Gunakan browser web yang memiliki track record yang solid dalam memperbaiki masalah keamanan dengan segera.
  2. Jalankan `Software Update` yang dapat menambal mesin dengan segera ketika update sudah tersedia.
  3. Gunakan password manager untuk membantu mengatasi serangan phishing.
  4. Memasang solusi keamanan yang baik.
mac apple
"Pada pandangan pertama, sangat sulit untuk mengeksploitasi bug ini, dimana kondisi yang harus dihadapi oleh penyerang bukanlah hal yang mudah. Namun, penjahat dunia maya yang gigih dapat melakukannya, merusak perangkat atau bahkan mempengaruhi aktivitas jaringan perusahaan," kata Anton Ivanov, Senior Analyst Malware di Kaspersky Lab melalui keterangan resminya, Senin (13/4/2015).

"Router dan firewall biasanya akan menolak paket yang salah dengan ukuran opsi yang tidak sah, tapi kami menemukan beberapa kombinasi pilihan IP yang tidak benar yang mampu melewati router Internet. Kami ingin memperingatkan semua pengguna OS X 10.10 dan iOS 8 untuk memperbarui perangkat mereka ke OS X 10.10.3 dan iOS 8.3 yang baru di rilis," sambung Anton.

Produk Kaspersky Lab yang dapat melindungi OS X pada Mac terhadap kerentanan "Darwin Nuke" adalah fitur Network Attack Blocker. Mulai dari Kaspersky Internet Security for Mac 15.0, ancaman ini terdeteksi sebagai DoS.OSX.Yosemite.ICMP.Error.exploit.

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form