Inilah Penyebab Kulit Lebih Cepat Alami Penuaan

Penuaan (Inggris:Aging) adalah hasil akumulasi dari perubahan organisme atau objek karena waktu. Penuaan pada manusia berkaitan dengan proses multidimensional fisik, psikologis dan perubahan sosial. Umur merupakan ukuran secara kronologis, dan ulang tahun seseorang merupakan hal yang penting dalam masalah "penuaan".

Seiring berjalannya waktu maka bertambah pula usia, kulit seseorang akan mengalami perubahan yang biasa disebut penuaan. Penuaan dapat terlihat jelas pada bagian wajah dengan banyaknya kerutan atau keriput dan kulit yang tak lagi kencang. Penuaan pada kulit karena faktor usia ini tak dapat kita hentikan.

penunaan
Namun, banyak faktor lain yang menyebabkan penuaan pada kulit lebih cepat. Mulai dari faktor lingkungan hingga kebiasaan seseorang mengernyitkan dahi.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Heru Nugraha mengungkapkan, orang yang sering mengernyitkan dahi, misalnya ketika berpikir, akan lebih cepat membentuk garis-garis kerut pada dahi.

“Kalau mikir dahinya selalu berkerut. Ini kebiasaan orang yang juga sulit dihindari dan membuat kulit terlihat lebih cepat menua,” kata Heru dari Bamed Skin Care di Jakarta, Sabtu (25/4/2015).

Sementara itu, faktor lingkungan yang membuat kulit cepat menua, yaitu ketika kulit sering terpapar polusi udara. Sinar matahari langsung pada kulit juga menjadi penyebabnya. Faktor lainnya, yaitu gaya hidup yang tidak sehat.

“Bisa juga dari kebiasaan sehari-hari dalam hidup, seperti orang yang setiap harinya tidurnya telat. Kemudian orang yang merokok, jangan terlalu berharap penuaannya bakal terhambat karena radikal bebasnya dengan sengaja dimasukin ke badan,” terang Heru.

Selain faktor usia, penuaan kulit sebenarnya bisa dihambat. Misalnya, menghindari paparan asap kendaraan bermotor dengan menggunakan masker dan melindungi kulit dengan tabir surya.

Asupan nutrisi juga penting bagi kulit. Banyaklah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, berhentilah merokok. Merokok bisa menyebabkan Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.


Sumber : Kompas



April 27, 2015

0 komentar:

Post a Comment