Contoh Karya Nyata Strategi Membangun Kemitraan LKP Dengan DUDI

ABSTRAK

AMANAH BELAJAR merupakan bentuk strategi membangun kemitraan LKP dengan DUDI untuk meningkatkan kesiapan lulusan LKP ke dunia kerja yang dilaksanakan oleh pengelola YPK AMANAH, artinya dengan Strategi pengalaman kerja kilat berujung sukses bisa membawa YPK AMANAH mampu menembus birokrasi sebuah perusahaan dan berakhir dengan MOU yang saling menguntungkan. 

Tentu tidak mudah untuk menemui pimpinan sebuah perusahaan tanpa ada koneksi terlebih dahulu. Dengan penuh keyakinan penulis tidak kenal menyerah, maka penulis berupaya keras meyakinkan pihak perusahaan dengan modal ketrampilan, kejujuran dan ketekunan bahwa lulusan dari Amanah Belajar patut diapresiasi.

Sama halnya dengan ilmu orang tua yang sabar dan arif dalam segala tindakan. Dan akhirnya penulis bisa membuat nota kerja sama dengan perusahaan untuk menyalurkan lulusan YPK Amanah sebagai tenaga kerja di perusahaan tersebut. Bahkan sebagai upaya untuk mempertahankan kerja sama, penulis mampu membuat nota kerja sama lainnya dalam pengerjaan order serta peminjaman alat/sarana perusahaan. 

BAB I

PENDAHULUAN


Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja. Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. 

karya nyata
Lembaga Kursus dan Pelatihan atau yang lebih dikenal dengan nama LKP merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan non formal yang berfungsi sebagai penambah, pelengkap atau pengganti pendidikan formal. Dalam pelaksanaanya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) diharapkan mampu memberikan jawaban atas kebutuhan warga masyarakat yang tidak terakomodir di pendidikan formal. Oleh karena itu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sangat vital keberadaanya dalam rangka ikut serta mencerdaskan bangsa, khusunya dalam mencetak tenaga profesional yang berkualitas. 

Dalam perkembangannya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dituntut untuk terus bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap pengurangan angka pengangguran serta penambahan angkatan kerja yang mandiri. Penumbuhan jiwa wirausaha serta kemampuan bermitra dengan dunia usaha dan dunia industri bagi lulusan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sangat mutlak dilakukan bagi peserta didik yang sedang belajar di LKP tersebut.


Bersambung pada postingan berikutnya :)



April 29, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...