Adu Kekuatan Google Play Store Versus Apple Store

Pada industri toko layanan aplikasi mobile, Google Play dan App Store merupakan dua raksasa yang saling bersaing dan mendominasi pasar saat ini. Meski berbeda platform, namun persaingan ketat telah terjadi diantara kedua perusahaan tersebut.

Tentu belum banyak orang mengetahui, dua raksaksa ini telah berjuang gigih untuk menjadi yang paling diminati oleh penggunanya. Seperti awalnya Apple yang pertama membuka App Store pada tahun 2008 dengan hanya memiliki sekira 500 aplikasi saja.

Kemudian setelah tiga bulan resmi dirilis, toko aplikasi tersebut meningkatkan jumlah aplikasi menjadi 3.000 dengan jumlah download yang mencapai 1 juta. Namun bagaimana dengan perkembangan Google Play, sebagai pesaingnya tersebut.

Berikut diinformasikan perjalanan dan kekuatan yang dimiliki oleh Google Play dan Apps Store, seperti dilansir dari laman situs Androidauthority, Senin (20/4/2015).

Jumlah Aplikasi

Seperti diungkapkan diatas, Apple memiliki kemampuan mendongkrak pasar yang begitu besar dan cukup cepat berjalan. Seiring pertumbuhan dari awal kemunculannya atau setahun setelah rilis resmi diluncurkan, pada 2009 Apple telah berhasil meraih 2 miliar download, sedangkan pada 2010 mencapai 1 miliar dan meningkat pesat mencapai 10 miliar pada 2011 dengan jumlah total aplikasi sebanyak 350 ribu.

app store versus google play store
App Store versus Google Play Store
Pada Maret 2012, jumlah download Apple tercatat telah menyentuh angka yang cukup fantastis sekira 25 miliar dengan 550.000 aplikasi basis iOS. Setahun kemudian, Apple kembali mencatat peningkatan sekira 50 miliar download dan di bulan terakhir 2014 perusahaan berhasil meningkatnya mencapai 85 miliar dowload. Sedangkan aplikasi yang dimiliki sudah mencapai 1,4 juta aplikasi iOS yang telah tersedia di download, meski beberapa analis memperkirakan bahwa angka tersebut hanya melebihi 1,2 juta saja.

Berbeda dengan Apple, Google melalui layanan aplikasi Play Store-nya yang hadir bermula dengan nama Android Market pada tahun 2009 hanya berisi sebanyak 2.300 aplikasi saja. Peningkatan terjadi pada tahun berikutnya, 2010 yang telah mencapai 80.000 aplikasi dengan jumlah pen-download mencapai 1 miliar.

Perlahan tapi pasti pertumbuhan aplikasi dalam toko layanan tersebut kian meningkat, pada kuartal pertama 2015, perusahaan dilaporkan oleh wall street journal telah memiliki jumlah pen-download 70 persen lebih besar dari Apple atau diperkirakan analis mencapai 1,4 miliar.

Badan statistik AppBrain melaporkan bahwa layanan aplikasi Google memiliki dua versi aplikasi, baik berbayar maupun gratis. Perbedaan versi aplikasi ini sendiri cukup jauh, Play Store memiliki 196.000 aplikasi berbayar dari total 1,4 miliar aplikasi yang ada. Sehingga sisa aplikasi yang digratiskan oleh perusahaan tersebut ada sebanyak 1,2 miliar aplikasi.



April 21, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...