5 Makanan Penangkal Asam Lambung

Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual.Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan disebut GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD ciri-cirinya adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.

asam lambung
Perut terasa pedih karena asam lambung naik? Untuk mengurangi masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan lebih banyak alkali dalam tubuh dan menghapus kelebihan asam dari sistem pencernaan Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi keasaman di lambung, seperti dilansir Magforwomen.

1. Air Kelapa

Minum air kelapa untuk mencegah pembentukan asam lambung di perut. Apakah Anda tahu, air kelapa juga dapat mengisi garam dan gula yang mungkin hilang dari tubuh Anda di siang hari.

2. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi sarapan yang baik di pagi hari. Dan makanan ini juga tidak menyebabkan naiknya asam lambung. Sebaliknya, oatmeal justru dapat menurunkan asam lambung.

3. Jahe

Jahe adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan asam lambung. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, jahe juga ampuh mengobati kondisi gastrointestinal.

4. Pisang

Pisang adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung. Namun, sekitar 1 persen dari orang yang menderita maag mengaku bahwa pisang justru memperparah kondisi mereka.

5. Melon

Melon (pH 6.1) baik untuk menurunkan asam lambung. Namun, seperti pisang, 1-2 persen dari orang yang menderita maag mengaku itu memperburuk kondisi lambung mereka.

Inilah lima makanan yang meredakan asam lambung. Selamat mencoba!



April 10, 2015

2 komentar:

  1. Jamu tetes soman yang terbuat dari 100% bahan alami seperti buah-buahan juga dapat mengobati penyakit asam lambung dengan memperbaiki sel-sel mukosa pada dinding lambung.

    ReplyDelete
  2. Info bermanfaat nih bagi penderita asam lambung, thanks

    ReplyDelete


loading...