Layanan Gtalk Akan Dimatikan Google

Layanan instant messaging Google Talk alias Gtalk yang cukup populer akan berhenti beroperasi mulai 16 Pebruari 2015. Sebagai gantinya, Google mengimbau para pengguna Gtalk tersebut untuk beralih menggunakan layanan perpesanan instan lain yaitu Hangouts.

Dilansir Small Business Trends, Selasa (10/2/2015), Google telah mengumumkan bahwa para pengguna Gtalk tak akan lagi bisa menggunakan layanan tersebut per tanggal 16 Februari 2015. Pemberitahuan resminya sendiri telah disebarluaskan Google kepada para pengguna Gtalk.

"Aplikasi Google Talk (Gtalk) for Windows tidak akan bisa lagi digunakan per 16 Februari 2015. Google Talk akan digantikan dengan aplikasi Hangouts Chrome," demikian isi pernyataan Google yang disampaikan kepada para pengguna pekan lalu.

gtalk

Google sebelumnya telah menyinggung rencana memensiunkan Gtalk versi Windows pada Desember 2013. Saat itu, raksasa internet tersebut memprediksi Gtalk kemungkinan akan pensiun pada awal Februari 2014. Namun tampaknya rencana berubah dan Google pun memilih untuk menutup layanan tersebut Februari tahun ini.

Karena waktu pensiunnya yang sempat tertunda, pengguna Gtalk masih bisa lebih lama menggunakan layanan tersebut. Namun Google sebenarnya telah berhenti memperbarui keamanan untuk Gtalk dan memblokir seluruh unduhan baru aplikasi tersebut.

Kini setelah ada pengumuman resemi tersebut maka pada tanggal yang ditentukan Gtalk sudah tidak bisa digunakan lagi, Google mengarahkan para pengguna Gtalk ke laman unduhan aplikasi Hangouts. Hangouts adalah platform instant messaging dan video chat terbaru milik Google, yang dirilis pada Mei 2013.



February 14, 2015

0 komentar:

Post a Comment


loading...