Tips Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar

Bila kita biasanya mengonsumsi buah sayur mentah memang membawa lebih banyak manfaat. Selain serat, nutrisi yang terkandung di dalamnya pun masih utuh. Namun, buah dan sayur mentah juga lebih besar risiko masih mengandung pestisida atau bakteri yang berbahaya bagi tubuh. 

Sebelum kita mengkonsumsinya, terlebih dahulu kita mengetahui cara menghilangkannya?
Jika selama ini anda berbelanja sayur dan buah lalu mencuci dan langsung mengonsumsinya, ternyata proses tadi belum tentu bersih. 

Bisa saja, air tidak cukup “mengusir” kotoran, pestisida yang digunakan dalam proses penanaman buah dan sayur serta kuman, masih menempel. 

Sebelum bikin salad, jus buah atau bahkan sayuran matang dan kreasi lainnya, pastikan anda melakukan langkah-langkah ini.

Tips Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar
Mencuci Sayur. Doc. Buavita.co.id

Jenis Sayur dan Buah

Kenali dulu jenis dari sayur dan buah yang akan dikonsumsi. Untuk buah dengan kulit tipis seperti apel dan pir, gosok-gosok lembut di bagian kulitnya agar bakteri yang menempel mati. 

Anggur, sawi dan lainnya yang berbentuk bergerombol lebih baik masukkan di dalam wadah yang berlubang dan bersihkan di setiap sudutnya hingga tak ada lagi tanah atau kotoran yang menempel. Untuk buah dengan kulit tebal, seperti semangka dan melon, cuci dengan air mengalir bersih minimal selama 60 detik ya.

Air Mengalir

Semua proses di atas lalukan di bawah air keran yang mengalir (dan pastikan airnya bersih ya). Brendan Niemira, Ph.D., kepala peneliti di USDA Agricultural Research Service menjelaskan bahwa air segar dan bukan dengan cara direndam akan memaksimalkan menghilangkan bakteri.

Trik Khusus

Kamu merasa kesulitan membersihkan kulit melon yang bersisik atau tiap helai daun di sayuran yang cukup banyak? Sediakan sikat gigi yang bersih dan belum terpakai untuk menggosok kulit tebal dan petik dulu daun-daun yang akan dikonsumsi agar lebih mudah diucuci. Masukkan dedaunan (misalkan daun bayam dan kangkung) ke dalam wadah higienis dan berlubang, bersihkan di bawah keran yang mengalir.

Kebersihan Peralatan

Dr Andrew Wadge, chief scientist of the Food Standards Agency (FSA) menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan peralatan memasak dan juga tangan. Cuci tangan hingga bersih, siapkan pisau, wadah dan keperluan lain yang sudah higienis, lalu gunakan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan. Salah satu bakteri yang mengintai jika kamu kurang menjaga kebersihan sayur dan buah adalah e coli dan mikroba yang bisa membuat sakit perut.

Jangan sampai manfaat buah jadi hilang karena proses pencucian yang kurang bersih ya! So, sudah siap bikin jus buah segar hari ini?



December 17, 2014

0 komentar:

Post a Comment