Sungguh Mengejutkan, Tidur Siang Ternyata Membuat Seseorang Cerdas

Bagi sebagian orang, tidur siang merupakan suatu kebutuhan. Akan tetapi bagi sebagian orang lain ada juga yang tidak terbiasa dengan tidur siang. Mereka lebih memililih untuk tidur di malam hari saja dengan alasan sia-sia jika waktu efektif digunakan untuk tidur siang.

Tidur siang dengan jangka waktu lebih dari 30 menit ternyata mampu meningkatkan resiko diabetes tipe 2 terutama mereka yang telah berumur 40 tahun keatas. Hal tersebut memang merupakan riset terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Huazhong Univeristy of Science and Technology di Cina. Riset tersebut berhasil diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine dan itu telah melibatkan 27 ribu relawan pria dan wanita yang berumur diatas 45 tahun.

Seringkali setelah makan siang kebanyakan, mata pun jadi berat dan mengantuk. Banyak di antara kita yang berusaha melawan rasa ngantuk di siang hari. Padahal, ternyata tidur sejenak di siang hari, bisa bikin otakmu lebih cemerlang dan tentu saja tubuh jadi lebih bugar.

Jika kamu merasa ingin tidur dan “mencuri waktu” saat istirahat dengan tidur siang justru lebih bagus, lho! Tidur selama 20-30 menit di siang hari dapat membantu meningkatkan mood, stamina dan juga performa untuk kembali beraktivitas. Kalau memaksakan diri padahal ngantuk banget, pekerjaan malah tidak selesai, kan?

Beberapa tokoh ternama dunia antara lain Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einstein, Thomas Edison dan George W. Bush rutin tidur siang setiap hari walau hanya 30 menit. Ternyata, tidur siang dalam durasi waktu minimal tersebut lebih baik untuk menjaga kondisi tubuh dan bikin terjaga lebih baik daripada kopi sekalipun. Sehat dan praktis.
tidur siang

Berbeda dengan tidur saat malam hari, taking a nap lebih ampuh menyegarkan pikiran dan membantu merawat otak. Selama ini kamu sering lupa? Mungkin karena kamu kurang istirahat saat siang hari. Pastikan saat tidur siang dalam keadaan tenang dan nggak terburu-buru. Hal ini bisa meningkatkan kecerdasan dan menajamkan daya ingat.

Tidur siang juga bikin sehat lho! Menurut penelitian, jika saat malam kamu kurang istirahat maka hormon kortisol yang bikin stres akan meningkat. Napping jadi semacam “cooling down” untuk tubuh dan otot serta imunitas tubuhmu. Beberapa penyakit seperti jantung dan diabetes juga jadi menjauh.

Diolah dari berbagi sumber



December 28, 2014

0 komentar:

Post a Comment


loading...