Kerja Lembur, Pertanda Gangguan Pola Hidup Sehat

Dengan padatnya rutinitas yang kita lakukan sehari-hari seiring dengan pesatnya laju perekonomian negara, maka kebutuhan hidup manusia juga akan selalu meningkat. Sehingga, kebanyakan masyarakat seperti di Indonesia dituntut untuk memiliki pekerjaan demi terpenuhi kebutuhan masing-masing. Untuk sebagian orang, tambahan waktu bekerja atau yang lebih dikenal dengan kerja lembur merupakan berkah tersendiri agar mendapatkan upah tambahan. Akan tetapi, kerja lembur dengan intensitas yang tinggi dapat mengganggu pola hidup sehat kita. Apa saja akibat yang ditimbulkan oleh lembur ini sebagai dalam Buavita.co.id berikut?

Kuantitas tidur berkurang

Biasanya, durasi kerja lembur dalam satu hari berkisar dua hingga 5 jam bergantung dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Hal ini dapat mengurangi durasi tidur kita. Bila kita kekurangan tidur yang seharusnya berkisar enam sampai delapan jam setiap harinya, maka kita akan mudah terserang penyakit di antaranya diabetes, obesitas, stroke bahkan serangan jantung dini. Kerja lembur dengan jadwal yang padat tentunya dapat mengganggu pola hidup sehat kita.

Tingkat stress meningkat

Seorang pekerja umumnya memiliki waktu bekerja yang ideal selama delapan jam. Dengan adanya tambahan waktu lembur, maka tuntutan batas waktu penyelesaian pekerjaan atau deadline akan lebih meningkat. Akibatnya, tak sedikit orang yang mengalami stress berkelanjutan dan terus meningkat. Hal itu juga berdampak lain seperti banyaknya mengonsumsi makanan cepat saji serta kopi yang mengandung kafein sehingga emosi pikiran bertambah dan mampu meningkatkan stress.
Kerja Lembur, Pertanda Gangguan Pola Hidup Sehat
Kerja Lembur, Pic. Dinkes.sumbarprov.go.id

Kesehatan menurun

Meskipun dalam ekonomi pendapatan akan bertambah, tambahan waktu kerja atau lembur juga dapat menurunkan kesehatan tubuh. Kelelahan setelah berlembur dengan intensitas yang cukup tinggi dapat mengakibat karyawan lebih sering absen karena kondisi tubuh yang kurang sehat bahkan mengalami kecelakaan kerja. Tentu hal itu dapat mempengaruhi maju-mundurnya kesehatan perusahaan pula.

Itulah beberapa akibat kerja lembur yang bertentangan dengan pola hidup sehat kita. Sebisa mungkin kurangi pengadaan kerja lembur demi keselamatan serta kesehatan bersama. Dengan mengurangi kegiatan buruk itu, maka salah satu program pola hidup sehat yaitu kuantitas tidur tidak akan terganggu dan kita akan lebih sehat serta segar.



December 18, 2014

1 komentar: