7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin akan rentan kena penyakit, tak terkecuali mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa kena. Vitamin dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang paling penting bagi tubuh. Tanpa asupan vitamin yang cukup tubuh tidak bisa melakukan metabolisme secara maksimal. Bukan hanya itu saja, kekurangan beberapa vitamin tertentu juga bakal membuat tubuh mengalami beragam gangguan kesehatan. Kabar baiknya, gejala kekurangan vitamin ini dapat kamu ketahui tandanya yang secara alami terjadi pada bagian tubuh.

Dr. Mim Beim, Ahli Neuropathy Australia memaparkan tujuh tubuh yang kekurangan vitamin memiliki ciri sebagai berikut.

Cincin kolesterol
Tanda pertama berbentuk lingkaran putih yang ada di sekeliling iris mata. Menurut Dr. Mim Beim, tanda ini menunjukkan bahwa ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Untuk mengatasinya lakukan olahraga yang rutin dan makan secara teratur. Tambahkan beberapa bawang putih dan ikan dalam menu harian agar berat badan tetap sehat. Jangan lupa untuk cek gula darah ke dokter.

Orange tones
Tanda ini berupa warna oranye yang ditemukan pada pupil mata. Dr. Mim Beim menyebutkan bahwa orange tones menjadi tanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh sedang tidak stabil. Segera kurangi makanan yang mengandung gula tinggi. Sebagai gantinya, perbanyak makanan sumber protein dan vitamin B, kromium dan seng. Lebih lengkapnya dapat segera konsultasikan dengan dokter.
7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Kuku pucat
Cobalah tekan kukumu dan lepaskan. Jika saat ditekan kuku berubah menjadi pucat dan saat dilepaskan kuku kembali berwarna merah, maka tubuhmu normal. Namun, jika warna pucat tersebut terus terjadi, bisa dikatakan kamu kekurangan zat besi. Segeralah makan daging merah, sayuran berdaun hijau, plum dan aprikot kering. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Mim Beim.

Kuku terlepas
Kuku yang sering terlepas juga bukan tanpa alasan. Menurut Dr. Mim Beim, kuku terlepas dapat dijadikan indikator bahwa tubuh kekurangan asam klorida. Zat kimia ini biasanya terdapat dalam lambung dan sangat berperan dalam melancarkan proses pencernaan. Gunakan makanan yang berasa pahit seperti buah pare dalam menu makan. 

Bintik putih
Ada lagi tanda yang terjadi pada kuku. Bila kamu mengamati ada bintik putih pada kuku, tandanya kamu kekurangan seng atau zinc. Dr. Mim Beim menyarankan untuk memperbanyak makanan laut seperti tiram, serta biji-bijian dan daging.

Tepi lidah bergerigi
Sesekali julurkan lidah dan amati bagian tepinya bergerigi apa tidak. Jika benar, itu tandanya kamu kurang istirahat dan tubuhmu terlalu lelah. Cobalah untuk liburan agar stres yang ada dapat hilang. Tambahkan asupan vitamin A dan vitamin B kompleks dalam setiap menu sehatmu. Hal ini sesuai dengan pernyataan Dr. Mim Beim dalam lansirannya di Body Soul.

Lidah putih
Kalau tanda yang ini mungkin sering kamu jumpai. Adanya lapisan putih pada permukaan lidah menjadi tanda terjadinya seriawan. Cara mengatasinya dengan mengurangi asupan gula dan minuman manis lainnya. Itulah tanda terakhir tubuh kekurangan vitamin yang disampaikan oleh Dr. Mim Beim.

Kepala berkeringat
Tanda-tanda kekurangan vitamin yang lain dapat diketahui dari munculnya keringat di kepala. Dr. Michael Holick, salah satu peneliti vitamin D di Mercola Foundation, mengatakan hal ini disebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin D. Walau ini masih menjadi gejala awal, namun ada baiknya untuk segera periksa ke dokter agar segera disembuhkan.

Maka dari itu rajinlah makan sayur dan buah-buahan yang menjadi sumber alami vitamin dan mineral. Makanlah beragam buah sumber berbagai macam vitamin. Misalnya, buah jeruk, buah markisa, buah apel, buah tomat, buah cerry, buah melon dan buah lainnya. Selain itu jangan lupa sayur dan makanan sumber gizi yang lainnya. Semoga memiliki tubuh yang sehat terus ya. (Nutrisari)



December 25, 2014

6 komentar:

  1. artiekl yang bermanfaat,terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
  2. wah, nice info.. saya bisa semakin waspada dengan adanya gejala-gejala tersebut..

    saklarcucok.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. ngeri juga gan bacanya.. yah intiya harus selalu biasakan pola hidup sehat gan

    ReplyDelete


loading...