Manfaat Dahsyat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Manfaat Dahsyat Buah Naga Untuk Kesehatan
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Yang menarik, sebelum menjadi buah, bunga Hylocereus hanya mekar di malam hari, tidak di siang hari seperti tumbuhan pada umumnya. Istilah dragon fruit atau thang loy dalam bahasa Cina muncul dari sebuah mitos. Orang Vietnam dan orang Cina menganggap buah ini adalah buah berkah. Buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Nah, warna merah yang mencolok di antara naga hijau inilah yang menjadi alasan mengapa disebut buah naga.

Untuk mendapatkan buah naga yang terbaik tentunya Anda harus pandai-pandai memilih. Misalnya, cari buah naga yang kulit luarnya berwarna merah merata dan aromanya segar. Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa buah naga sudah matang dan manis. Coba tekan juga dagingnya, jika kenyal berarti buah naga sudah matang. Dengan kualitas buah naga yang baik tentunya khasiat yang didapat juga lebih sempurna. Berikut beberapa khasiat yang bisa didapat dari buah naga:

1. Mencegah Diabetes
Buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit diabetes. Sel jahat yang dihasilkan pola hidup tidak sehat dapat dihalau oleh kandungan buah ini. Hal lainnya yang menjadikan buah naga ini berkhasiat untuk menangkal penyakit diabetes adalah kadar gulanya yang sedikit, sehingga aman dikonsumsi para pengidap penyakit gula.

2. Mencegah kanker
Buah naga ternyata juga menjadi primadona dalam hal menangkal radikal bebas penyebab kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam hal ini, buah naga juga bersaing dengan manfaat buah lainnya, seperti kulit buah manggis dan daun sirsak. 

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi
Tulang dan gigi membutuhkan kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi untuk menjaga ketahanan fungsi utamanya. Buah naga merah sangat baik dikonsumsi oleh para manula untuk mencegah osteoporosis dan pengeroposan pada tulang karena banyak mengandung banyak kalsium organik.

4. Menghambat penuaan dini
Bagi Anda yang sedang gencar-gencarnya melakukan perawatan dini, khususnya terapi penuaan dini ada baiknya untuk lebih sering mengonsumsi buah naga. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga membantu mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Demikian juga dengan vitamin C nya yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

5. Meningkatkan nafsu makan
Kandungan vitamin B1 dan B2 dalam buah naga bisa menambah nafsu makan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Sehingga bagi Anda yang sulit makan dan tidak memiliki nafsu makan yang baik, buah naga bisa jadi solusinya. Hal ini juga baik untuk Anda yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit. Karena biasanya orang yang sakit dan masih dalam tahap penyembuhan sangan sulit menerima asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka.

6. Menyehatkan jantung dan melancarkan pencernaan
Punya masalah sembelit? Buah naga bisa jadi solusinya! Kandungan serat alaminya yang sangat tinggi membuat buah ini cukup favorit di kalangan orang-orang yang memiliki masalah pada pencernaan. Selain itu kandungan fiber atau serat tinggi yang dimiliki buah naga juga bermanfaat untuk melawan dan mencegah serangan jantung, penyakut kardioviskular dan stroke.

Tentunya masih banyak manfaat lain dari buah naga yang bisa didapat jika Anda rajin mengonsumsinya. Sederhananya, jika Anda ingin hidup sehat tentunya apa yang Anda konsumsi harus sehat. Jadi tak hanya buah naga saja yang harus Anda konsumsi. Buah lainnya juga tak kalah penting untuk Anda konsumsi. (U Doctor)



October 26, 2014

6 komentar:

  1. Gue punya pohonnya di belakang rumah, dan parahya gue cuma tau manfaat kalau buah naga bisa jadi oenangkal kanker selama ini, sebelum baca postingan elu vruh :v

    ReplyDelete
  2. buah naga memang dahsyat selain enak buah naga juga mempunyai vitamin lain dalam buah naga adalah Vitamin B1 atau tiamin. fungsinya untuk memproses karbohidrat degnan cepat dan menghasilkan energi bagi tubuh. makasih

    ReplyDelete
  3. Menjaga dan merawat tubuh itu sangat perlu dilakukan, selain membuat kita menjadi segar dan terawat, tentunya memberikan kita semangat untuk terus menjaga kesehatan lebih baik lagi. Untuk penulis artikel di atas, terima kasih sudah berbagi. ;) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  4. Manfaat buah-buahan sangat bermanfaat terhadap tubuh, apa lagi buah-buahan dapat kita temukan dan kosumsi setiap harinya. Dengan memanfaat buah tentunya tubuh kita selalu sehat dan terbebas dari penyakit. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  5. Buah naga, segar dan rasanya manis. Dan tentunya buah naga yang sudah matang bisa digunakan atau dioleh dengan banyak varian.

    ReplyDelete


loading...