5 Makanan Berlemak Baik Untuk Kesehatan

Lemak makanan menurut wikipedia adalah kandungan lemak yang terdapat dalam semua bahan makanan dan minuman. Pada dasarnya, semua lemak itu baik karena lemak dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Peran lemak adalah menyediakan energi sebesar 9 kalori/gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Lemak mulai dianggap berbahaya bagi kesehatan setelah adanya suatu penelitian yang menunjukkan hubungan antara kematian akibat penyakit jantung koroner dengan banyaknya konsumsi lemak dan kadar lemak di dalam darah.

5 Makanan Berlemak Baik Untuk Kesehatan
Makanan berlemak. Dok. Carapedia.com
Namun tak semua jenis lemak sebenarnya buruk untuk kesehatan. Beberapa jenis lemak justru baik dan harus dikonsumsi. Lemak baik tak akan meningkatkan kolesterol, namun justru menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Studi terbaru menunjukkan lemak bukanlah penjahat utama dalam diet. Tidak semua lemak diciptakan sama, beberapa diantaranya justru berguna bagi kesehatan.

Ahli jantung dari New York University Langone Medical Center, Richard Stein mengidentifikasi setidaknya lima makanan berlemak yang sesungguhnya tidak menimbulkan risiko kesehatan signifikan bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Berikut pemaparannya, dilansir dari Newsmax Health, Selasa (14/10) dalam laman Republika.

1. Ikan

Ikan mengandung lemak tak jenuh ganda atau omega-3 asam lemak, seperti salmon dan suplemen minyak ikan. Ini adalah nutrisi sehat yang menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, bahkan meringan gejala arthritis dan membantu mencegah demensia.

2. Kacang

Asam lemak alami dalam kacang-kacangan terbukti mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan risiko pengembangan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian di Kanada yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases di University of Toronto dan St Michael Hospital menemukan bahwa mengonsumsi gabungan dua ons kacang mete, almond, kacang brasil, hazelnut, pistachio, macadamia, hingga kenari akan membantu penderita diabetes meningkatkan kesehatan jantung mereka.

3. Produk susu

Jumlah lemak jenuh dalam produk susu dan olahannya, seperti margarin, susu, dan keju ternyata tidak menyumbat pembuluh darah, bahkan mungkin bermanfaat dalam jumlah moderat. Ilmuwan pernah percaya bahwa kadar lemak jenuh dalam makanan-makanan tersebut mengangkat kadar kolesterol.

Lemak jenuh dalam produk susu dan produk hewani lainnya tidak meningkatkan kolesterol jahat. Justru, lemak jenuh dalam produk karbohidrat olahan lah yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Minyak nabati

Minyak zaitun, kanola, minyak kelapa, omega-3 dalam kenari dan alpukat ternyata tidak terlalu membahayakan tubuh. Penelitian terbaru University of Toronto menemukan bahwa ketika Anda melakukan diet rendah gula, Anda tetap boleh mengonsumsi makanan-makanan ini. Makanan ini akan mengontrol gula darah Anda dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Daging

Daging unggas dan sapi, jika dikonsumsi dalam jumlah moderat, akan menjadi sumber protein dan nutrisi berkualitas tinggi. Meskipun mereka mengandung lemak. Seperti produk susu, daging unggas dan sapi ini juga mengandung lemak, namun tidak akan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung Anda, melainkan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hampir setengah dari lemak dalam daging sapi adalah asam oleat, lemak yang sama terkandung dalam minyak zaitun sehingga menyehatkan jantung. Daging sapi juga mengandung nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin A dan B.



October 15, 2014

0 komentar:

Post a Comment


loading...