Debat Capres Cawapres, Prabowo - Hatta Lebih Mantap

Debat Capres Cawapres, Prabowo - Hatta Lebih Mantap itulah yang diungkapkan Pengamat komunikasi politik Heri Budianto melihat pemaparan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa lebih matang dibanding pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat debat perdana di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam.

Heri menjelaskan, pasangan yang diusung Partai Gerindra, PAN, PPP, PKS, Golkar, dan PBB itu menunjukkan konsistensi dalam menjawab pertanyaan, baik dari pembawa acara, Zainal Arifin Mochtar, maupun dari pasangan Jokowi-JK.

Debat Capres Cawapres, Prabowo - Hatta Lebih Mantap
“Prabowo lebih tenang, mantab. Dari awal debat, konsistensi mereka terlihat. Sementara Jokowi-JK kita lihat didominasi JK. Ini terlihat dari menit-menit awal. Segmen 1 sampai 3, saya mencatat betul JK terlihat lebih banyak memberikan jawaban. Dari sisi durasi, dari waktu lima menit, Jokowi hanya sekira 1,5 menit dan JK sisanya. JK dominan,” jelas Heri, Selasa (10/4/2014).

Jokowi, lanjut dia, baru terlihat aktif di akhir segmen dengan memberikan pemaparan lebih panjang.

Saat disinggung soal pertanyaan HAM yang dilontarkan JK kepada Prabowo, Heri menilai pertanyaan tersebut sebenarnya merupakan isu lama yang sudah selesai.

“JK itu kan politikus. Dia melihat ada celah untuk melakukan itu. Kalau mengecurut, sebenarnya isu itu sudah menjadi konsumsi publik. Prabowo pun menyampaikan jawaban yang real. Saya melihat kesan serangan politik dalam debat tersebut tidak begitu kentara. Alasannya ya karena itu, isu tersebut sudah lama jadi konsumsi publik. Publik sudah tahu itu,” ucapnya.

Ia melanjutkan, permasalahan HAM yang dihadapi Prabowo sebenarnya sudah selesai.

“Prabowo kan orang militer. Jawabannya menyinggung pimpinan, itu sudah tepat. Saya kira clear. Prabowo juga diberhentikan dengan hormat. Kalau bahasa saya, JK itu genit menanyakan soal itu,” tukasnya.

Satu lagi keunggulan Prabowo, lanjut dia, saat menjelaskan soal kebhinekaan. Prabowo langsung memberikan contoh konkret yakni saat mengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai wagub mendampingi Jokowi.

“Prabowo mengatakan dengan tegas Ahok menjadi wagub. Jawaban yang elegan. Selama ini bukan hanya Jokowi dan JK yang berpihak kepada keberagaman, Prabowo juga sudah membuktikan. Publik pun sudah tahu,” pungkasnya.


Sumber : Okezone



June 10, 2014

0 komentar:

Post a Comment