CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PKH

BAB I  
PENDAHULUAN


I.      LATAR BELAKANG

Permasalahan ketenagakerjaan Indonesia sejak dahulu adalah tingginya tingkat pengangguran dan rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja, serta kurangnya daya serap tenaga kerja potensial di pasaran dan industri.
Salah satu upaya mengatasi masalah pengangguran dan dalam rangka penyiapan tenaga kerja terampil serta kompeten yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja (demand driven), dapat dilakukan melalui peningkatan peran serta lembaga pelatihan, baik pemerintah, swasta, maupun perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Pangkep
Selanjutnya, perusahaan dan industri serta perkembangan teknologi mengalami peningkatan pesat sehingga membutuhkan tenaga terampil khususnya dibidang teknologi dan komunikasi yang siap berkompetensi di era globalisasi.
Oleh karena itu, melihat perkembangan dan fenomena perkembangan teknologi dan komunikasi semakin pesat seiring dengan kebutuhan akan pengetahuan tentang Informasi Teknologi (IT). Maka Yayasan Pendidikan dan Keterampilan (YPK ) Amanah melihat peluang untuk mengadakan Pelatihan Aplikasi Komputer melalui program pemerintah agar mampu menggunakan dan menguasai Komputer

II.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud kegiatan pelatihan ini adalah untuk menyelesaikan program ketenagakerjaan dalam mengatasi pengangguran, yakni membuka lapangan kerja baru sebagai wirausaha mandiri kepada peserta latihan/tenaga kerja.


Tujuan Kegiatan Pelatihan ini :
1. Meningkatkan keterampilan dan kompetensi peserta/pencari kerja dalam bidang Jasa  komputerisasi.
2. Merespons kebutuhan pasar industri dan pemerintah terhadap tenaga kerja yang terampil dan komptensi.
3. Melaksanakan kegiatan wirausaha mandiri dan membuka lapangan kerja baru setelah peserta mengikuti pelatihan Teknisi  Komputer.

III.   SASARAN
Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah :
1. Tersedianya tenaga kerja yang terampil dan kompeten untuk diserap dan dimanfaatkan pasar dan dunia usaha.
2. Menyukseskan program pemerintah dalam mengatasi pengangguran dan melaksanakan upaya pembukaan lapangan kerja baru dan wirausaha mandiri kepada tenaga kerja secara tepat guna.





CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PKH







BAB  II  
PROGRAM PELATIHAN

A.    KEBUTUHAN PELATIHAN

Dengan semakin berkembangnya dunia usaha/industri baik swasta maupun pemerintah yang berbasis komputerisasi diiringi pula dengan peningkatan kebutuhan akan tenaga kerja.
Selanjutnya di era sekarang kebutuhan akan komputerisasi sangat dibutuhkan karena kedepan sebahagian besar orang-orang sudah  menggunakan komputer baik untuk kebutuhan dunia usaha, media pembelajaran maupun untuk kebutuhan peribadi. Hal ini erat sekali kaitannya dalam peningkatan kualitas dan kuantitas kerja.
Sekaitan dengan hal ini, maka dunia usaha baik swasta maupun pemerintah membutuhkan pula peningkatan jumlah tenaga kerja (operator & Teknisi) komputer terutama dibagian administrasi pembukuan begitu pula dibagian prosentase dan programmer guna peningkatan produktivias.

B.     KURIKULUM DAN SILABUS

Kurikulum dalam pelatihan ini merupakan kurikulum pelatihan berbasis kompetensi yang terbagi atas kompetensi unit dasar/ umum dan unit kompetensi inti. (terlampir)
Sedangkan Silabus pelatihan ini merupakan uraian kriteria untuk kerja yang dinyatakan dalam skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap).
Uraian unit kompetensi yang digunakan dalam pelatihan komputer  adalah :

A.  UNIT KOMPETENSI DASAR UMUM
1.   Hubungan Industrial dan Syarat – syarat Kerja
2.   Motivasi dan Produktivitas
3.   Ketenagakerjaan
4.   Kewirausahaan
5.   Keselamatan dan Kesehatan Kerja

B.  UNIT KOMPETENSI INTI
Kompetensi Umum/Dasar (General Competency)
a.  Motivasi Kerja  (Job Motivation)
b.  Fisik  Mental Disiplin  (Mental and Physical Dicipline)
c.  Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (Saftey and Healthy Work)
d. Manajemen Usaha Kecil dan Menengah  (Management of Small and Medium Industry)
e. Dasar Elektronika (Basic Electronics)
f. Dasar-Dasar Alat Ukur Mengidentifikasi Komponen (Basic Of Measurement And Comp[Onents Identified)
g. Melakukan Perakitan, Install dan Mengoperasikan (Assembling, Installing and Opertions)
h. Sistem Komputer ( Computer System)
i.  Menginstal Program Aplikasi (Installing Aplication Programs)
j. Trouble Shootings


C.  EVALUASI


C.  PESERTA PELATIHAN
Peserta pelatihan terdiri dari masyarakat umum yang kurang mampu, alumni Sekolah Lanjutan Atas (SLA) yang tidak bisa melanjutkan pendidikan serta pengangguran yang telah berumur 18–35 tahun yang ingin meningkatkan kompetensi dan produktivitas kerja yang lebih baik.
Jumlah Peserta yang ikut dalam Pelatihan ini sebanyak 20 orang.
           

D.  LAMA PELATIHAN 
Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan pola latihan 100 jam @ 45 menit. Dengan aturan pelatihan, 4 jam x 5 kali seminggu selama 5 minggu, yang akan direncanakan pada minggu ke IV Juli 2012 dan berakhir pada minggu ke I September 2012.




BAB III    
PROFIL LEMBAGA PENGUSUL

A.  ADMINISTRASI KELEMBAGAAN
A.1    Persyaratan Kelembagaan
A.1.1   Akte Notaris
Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Amanah berdiri sejak tahun 2000, Akte Notaris pendirian baru diadakan pada tahun 2001 oleh Notaris Andi  Agus, SH di Kabupaten Pangkep pada tanggal 23  April  2001 dengan nomor  4. (Copy terlampir)
A.1.2   Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
            Surat izin tempat usaha  atau SITU berupa SURAT IZIN BUPATI  KAB. PANGKEP NO. 69/PEM/VII/2006  tertanggal 15  Juli  2006. (Copy terlampir).
A.1.3   Surat Izin Usaha Perdagangan  (SIUP)
            Surat izin Usaha Perdagangan berupa SURAT IZIN BUPATI  KAB. PANGKEP NO. 175 / 20 – 10 / PERINDAG – CV / VIII / 2006 tertanggal 24 Agustus 2006 dengan masa berlaku dari tanggal 24 Agustus 2006 sampai dengan 24 Agustus  2011 (Copy terlampir)
A.1.4.  Izin Penyelenggaraan Latihan
       Izin penyelenggaraan latihan berupa  SURAT IZIN KEPALA DINAS PENDIDIKAN, OLAHRAGA DAN PEMUDA KABUPATEN PANGKEP, No. 425 / 3311 Dispora tertanggal 19  Juli 2009 belaku hingga tanggal 19 Juli 2012. (Copy terlampir)
A.1.5   Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
         NPWP diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak Makassar Nomor NPWP :02.679.437.0- 801.000  (Copy terlampir)
A.1.6   Rekening Bank
            Rekening Bank atas nama  Yayasan Amanah Cq. Sudirman, SE Pada BRI Unit Bungoro – Pangkep dengan No. Rek. 33-22-6556.
A.1.7   Pengalaman Penyelenggaraan Pelatihan
            Pelatihan yang telah dilaksanakan :
·         Pelatihan percakapan Bahasa Inggris, sejak 2001 - 2003
·         Pelatihan Komputer sejak tahun 2000 sampai sekarang
·         Pelatihan Teknisi Komputer, sejak 2003 - 2004
·         Pelatihan Internet dan jaringan, sejak 2002- sekarang
·         Pelatihan Operator Komputer melalui subsidi Program 2007
·         Pelatihan Operator Komputer melalui Program KWK 2010
·         Pelatihan Operator Komputer melalui Program Blockgrant 2011

A.1.8.  Sertifikasi Lembaga
            Sertifikat Akreditasi No. 009/LA-LPK.VIII/2007 (Terakreditasi  C) terlampir

B. SARANA DAN PRASARANA
·     Ruang praktek./teori kapasitas 20 orang dilengkapi dengan komputer, Hub D Link 24 Port, kabel LAN/jaringan lengkap dengan koneksi internet
·     Pendingin berupa AC dan kipas angin
·    Ruang Receptionist/Staf, dilengkapi dengan komputer, kalender, kursi tamu, papan data peserta pelatihan, lemari aluminium, telepon, jam dinding dan televisi.
·  Ruang Perpustakaan dilengkapi dengan buku-buku komputer, CD program, rak buku, majalah komputer, diktat, dan lain-lain.
·   kamar mandi.

C.  TENAGA PELATIHAN
Tenaga Pelatihan Komputer yang memandu pelatihan terdiri atas 4 orang yang telah memiliki kualifikasi keahlian dan pengalaman di bidang komputer.
Yakni  :
1.   Hj. Nurjannah, S.S, S.Pd
2.   Musdalifa, S.Pd
3.   Safaruddin A.Ma
4.   Sudirman, SE
(Daftar Riwayat Hidup Instruktur Terlampir)
Selain itu untuk memandu materi, pelatihan ini dibantu juga oleh tenaga asisten pengajar profesional, yakni :
1.   Muh. Ishak Nur.
2.   Muh. Hanis, S.Pd
Daftar instruktur dan materi yang dilatih, terlampir.
     





















BAB IV
INDIKATOR HASIL

A. Hasil Yang Akan Dicapai
Dengan penyelenggaraan Kursus/Teknisi Komputer melalui Bantuan Sosial Dinas Tenaga Kerja Tahun Anggaran 2012, maka hasil yang diharapkan dapat tercapai adalah sebagai berikut :
  1. Jumlah peserta didik yang berhasil menyelesaikan kegiatan sampai tuntas mencapai 90-100% atau 18-20 orang
  2. Para lulusan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan personal bidang Jasa komputer sampai tingkat mahir untuk memudahkan mereka mendapatkan pekerjaan.
  3. Terdapat 50% dari lulusan yang langsung bekerja pada DU/DI
  4. Terdapat 50% dari lulusan yang berusaha mandiri baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama dalam bentuk Kelompok usaha dan Program rintisan.
B. Indikator Hasil
Sebagaimana visi, misi, arah dan tujuan maka setelah menyelesaikan program ini para peserta didik diharapkan tidak hanya berkemampuan secara teoritis tapi juga dalam praktek secara profesional. Para peserta didik juga berkemampuan dalam menyelesaiakan masalah-masalah komputer  serta dapat mengelola usaha-usaha yang relevan dengan bidang keahlian dan keterampilannya secara mandiri.
Secara khusus indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan program ini adalah sebagai berikut :
1. Dari segi kecakapan :
Kecakapan personal             :     Terciptanya warga belajar  yang mampu untuk mengenali jati diri dan keterampilan yang mereka miliki, motivasi dan etos kerja yang tinggi serta dapat bekerja secara professional. Kesadaran yang tinggi tentang pentingnya pendidikan untuk dirinya sendiri maupun untuk anggota keluarganya.
Kecakapan Sosial                 :     Terbentuknya sikap warga belajar yang nota bene adalah anggota masyarakat untuk dapat meningkatkan kehidupan dengan dapat mendatangkan penghasilan yang layak guna memenuhi kebutuhan hidupnya.
Kecakapan Akademik          :     Terbentuknya warga belajar yang cerdas, terampil, berwawasan kerja dan usaha dan mampu mengamalkan ilmu yang mereka dapatkan.
Kecakapan Vokasional        :     Terbentuknya warga belajar yang memiliki keterampilan tertentu sehingga mampu  menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk bekerja dan membuka usaha mandiri di bidang jasa komputer Membentuk kelompok usaha dijasa komputer, yang bekerjasama dengan penyelenggara, dan antar warga kursus, mampu memiliki jalinan kemitraan dengan 2-3 mitra usaha.
Dari segi kewirausahaan
Bahwa lulusan mampu mandiri untuk meningkatkan kemampuan ekonominya melalui keahlian dibidang komputer yang diajarkan kepadanya dan memiliki syarat-syarat dasar untuk memasuki dunia usaha.
Untuk mencapai harapan–harapan di atas, maka menjadi tugas dan tanggung jawab Yayasan Amanahuntuk membina dan memantau aktivitas peserta didik setelah mereka menyelesaikan program ini. Sebagai langkah awal pembinaan, maka kepada sejumlah peserta didik akan diberikan dukungan baik dalam bentuk materil maupun inmateril. Bentuk-bentuk pembinaan diantaranya : Upaya menyalurkan peserta didik agar dapat bekerja pada institusi atau perusahaan terutama pada mitra kerja yang ada. Kepada sebagian peserta didik yang lain akan juga diberikan dukungan dalam bentuk bantuan modal usaha sebagai stimulasi untuk membuka usaha mandiri.
Pada tahap selanjutnya setiap peserta didik akan terus menerus dipantau dan dibina oleh Yayasan Amanah sehingga mereka benar-benar dapat mengaplikasikan  Skill yang diperolehnya pada tempat yang tepat.





BAB  V

RENCANA PEMANFAATAN DANA BANTUAN SOSIAL  
KETERAMPILAN TEKNISI KOMPUTER


Rencana penggunaan dana untuk keperluan program kursus Pelatihan Teknisi Komputer ini sebesar Rp.45.000.000 (Empat puluh lima juta rupiah) untuk 30 orang peserta yang akan dilaksanakan oleh Yayasan Amanahdialokasikan beberapa kebutuhan sebagai berikut :
1.      Biaya Operasional Pembelajaran                                               31.500.000
a.      Honor Instruktur                                                                    8.000.000
b.      Transport Peserta                                                                  10.000.000
c.      Bahan Ajar/Modul                                                                  1.500.000
d.     Bahan Praktik dan Peralatan Praktik                                    12.000.000
2.      Biaya Manajemen                                                                          4.500.000
a.      Bimtek Pengelola Program Kursus                                         2.500.000
b.      Transport Peserta Bimtek                                                          400.000
c.      Pengembangan Kurikulum dan Administrasi                            800.000
d.     Penyusunan dan Pengiriman Laporan                                       800.000
3.      Biaya Rintisan dan Pengembangan Usaha                                 9.000.000
a.      Praktik Lapangan                                                                   9.000.000
Anggaran tersebut digunakan sebagai biaya pelaksanaan selama kegiatan pelatihan berlangsung.




BAB VI
PENUTUP

Demikian proposal pelaksanaan Program Pelatihan Teknisi Komputer ini disusun dan disampaikan dengan sesungguhnya dengan harapan bahwa apa yang menjadi usulan program ini benar-benar dapat terwujud. Sebagaimana menjadi tujuan kami bahwa dengan dilaksanakannya program ini diharapkan agar peserta didik yang berasal dari golongan ekonomi lemah ini dapat menjadi insan profesional di bidang kejuruan atau Jasa komputer dan mampu meggunakan pengetahuan dan keterampilannya ini untuk memperoleh pekerjaan yang baik atau bahkan mampu membuka usaha mandiri.
Proposal ini dibuat dan diajukan oleh Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Amanah sebagai syarat bisa ikut serta sebagai salah satu lembaga pelaksana pendidikan program Kecakapan Hidup yang disponsori oleh direktorat pembinaan kursus dan kelembagaan
Berbagai perkiraan terutama yang menyangkut identifikasi potensi, peserta dan biaya-biaya peyelenggaraan program ini telah diupayakan untuk mendekati realitasnya. Namun, kemungkinan kekurangan-kekurangan dapat saja ada. Oleh karenanya, jika usulan ini dikabulkan, maka sangat diharapkan masukan-masukan dari berbagai pihak dengan tidak mengurangi maksud dan tujuan dari program ini. Hal ini tentunya dapat disadari, mengingat bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan dan pelatihan adalah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua.
Sebagaimana diperhitungkan dalam proposal ini, bahwa dana sebesar Rp. 45.00.000,- (Empat puluh lima jutarupiah), yang diajukan diperuntukkan bagi peserta didik yang akan diberikan pelatihan 30 (tiga puluh) orang. Sedangkan, jumlah pengajar yang disiapkan adalah sebanyak 4 (empat) orang. Fasilitas pendidikan sebagaian besar telah tersedia dan dalam kondisi yang cukup mampu untuk menunjang pelaksanaan program ini.
Dengan menggandeng sejumlah mitra kerja dan rencana jangka pendek maupun jangka panjang yang telah disusun sebagai kebijakan strategis maupun operasional di Yayasan Amanah  kami yakin bahwa program ini akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, yakni dapat diserapnya lulusan pada lapangan kerja yang ada maupun kemampuan peserta didik untuk membuka lapangan kerja baru, yang pada akhirnya dapat memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat, bangsa dan negara.
A.    KESIMPULAN
-          Dalam Upaya meningkatkan kemampuan masyarakat untuk bekerja dan berusaha mandiri diperlukan skill, salah satu skill yang menjadi pilihan untuk itu adalah keterampilan di bidang komputer .
-          Program Pelatihan Teknisi Komputer yang diprogramkan akan sedikit banyaknya memberi pemerataan atas kesempatan untuk mendapakan pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup.
-          Penyelenggaraan Program Pelatihan Teknisi Komputer ini akan berdampak pada pengentasan kemiskinan, pengurangan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja.
B. SARAN
-  Penyelenggaraan Program Pelatihan Teknisi Komputerdiharapkan dapat diteruskan oleh Direktorat Pembinaan kursus dan kelembagaan dimasa-masa yang akan datang dengan jumalah sasaran yang semakin banyak dan anggaran yang lebih besar.
-   Pengalokasian Dana Program Pelatihan Teknisi Komputer hendaknya tetap diberikan juga porsi Biaya Investasi demi peningkatan kualitas lembaga yang ikut pada penyelenggaran ini.
Akhir kata, semoga peran serta kita melalui program ini dapat menjadi salah satu cara untuk mewujudkan terciptanya masyarakat adil dan makmur, berpendidikan dan berketerampilan untuk menjawab tantangan globalisasi dan mengatasi masalah pengangguran yang ada di Indonesia umumnya dan Kabupaten Pangkep khususnya.
















KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidyahNya, amin. Sehingga proposal pengajuan penyelenggaraan Program Pelatihan Teknisi Komputer Tahun Anggaran 2012 untuk jenis ketrampilan Teknisi Komputer yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Amanah tersusun dengan baik.
Proposal ini kami susun sebagai bahan pertimbangan kepada kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda Propinsi Sulawesi Selatan yang merupakan bahan kajian atau penilaian dari permohonan program yang kami lakukan
Kami menyadari sepenuhnya bahwa terselesaikannya proposal pengajuan penyelenggaraan Pelatihan Teknisi Komputer ini tidak terlepas dari bantuan bebagai pihak, baik dari pemerintah maupun tokoh masyarakat dan para professional di bidangnya masing-masing, calon peserta, instruktur dan pengelola program. Olehnya itu, kami dari pihak Yayasan Amanah menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas bantuan dan kerjasamanya selama ini.
Besar harapan kami, agar permohonan Dana Program Pelatihan Teknisi Komputer Tahun Anggaran 2012 untuk jurusan Teknisi Komputer dapat terlaksana sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan secara merata dan bermakna bagi kehidupannya terutama bagi pemuda putus sekolah, pengangguran yang pada gilirannya dapat terbantu dari keterbatasan keterampilannya, dan akhirnya mereka semua bisa berhasil seperti saudara-saudara kita yang sukses lainnya. Amin.


Pangkep, 14 Agustus 2012

Yayasan Pendidikan dan Keterampilan AMANAH



Sudirman, SE
Direktur

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.........................................................................................
REKOMENDASI............................................................................................
LEMBAR VISITASI.........................................................................................
DAFTAR ISI...............................................................................................
KATA PENGANTAR......................................................................................

RIWAYAT PROGRAM....................................................................................
A.   Sarana dan Prasarana..............................................................................
B.   Organisasi..........................................................................................
C.   Sumber Daya Manusia...........................................................................
D.   Administrasi........................................................................................
E.   Keuangan...........................................................................................
F.   Program Kerja....................................................................................
G.  Program Pelatihan.................................................................................
H.  Kerjasama Instansi / Unit Kerja................................................................

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................
-          Surat Izin Operasional Pertama..............................................................
-          Surat Izin Penyelenggaraan Kursus...........................................................
-          Akta Pendirian Yayasan.......................................................................
-          Visi dan Misi....................................................................................
-          Bagan Struktur Organisasi....................................................................
-          Uraian Tugas dan Tanggung Jawab..........................................................
-          Daftar Nama Staf YPK Amanah...............................................................
-          Daftar Riwayat Hidup YPK Amanah.........................................................
-          Program Pelatihan............................................................................       Data Peserta Pelatihan........................................................................
-          Data Penempatan Kerja.......................................................................
-          Daftar Hadir Pengelola ......................................................................
-          Daftar Hadir Instruktur Life Skill ............................................................
-          Daftar Hadir Staf Pengelola Life Skill......................................................
-          Foto Copy Sertfikat Peserta Pelatihan.....................................................
-          Foto Copy Ijazah Nara Sumber (Instruktur)
-          Foto Copy Sertfikat Instruktur dan Tenaga Kepelatihan..................................
-          MoU..............................................................................................
-          Silabus...........................................................................................
-          Foto – foto Penunjang Pelatihan............................................................
-          Foto Copy Buku – buku Administrasi LPK...................................................




















FAKTA INTEGRITAS


Saya yang bertanda tangan dibawah ini, bahwa dalam rangka pelaksanaan pelatihan Teknisi Komputer melalui Pelatihan Teknisi Komputer melalui bantuan sosial yang dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Amanah kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, menyatakan bahwa saya :
1.  Dalam proses pelatihan ini, berjanji akan melaksanakan tugas secara transparan dan professional dengan mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya secara optimal untuk memberikan hasil kerja terbaik mulai dari persiapan, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan ini.
2. Tidak akan melakukan peraktek KKN
3. Memberikan data pada dokumen ini secara benar apa adanya
  1. Apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam FAKTA INTEGRITAS ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi, serta dituntut ganti rugi dan pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



Pangkep, 25 April 2012



SUDIRMAN, SE
Direktur



March 15, 2014

0 komentar:

Post a Comment