Fenomena Alam "Halo Matahari" Muncul di Langit Banjar

Sebuah fenomena alam muncul di atas langit Banjarnegara, Jawa tengah, Selasa (4/2/2014) siang. Tidak biasanya, sebuah cincin pelangi tampak mengelilingi sinar matahari di kala cuaca terang benderang.

Kejadian tersebut, sontak memancing puluhan warga untuk berbondong-bondong ke luar rumah untuk menyaksiksan kejadian alam yang unik itu. Ada yang mengabadikan dengan foto kamera ponsel, ada yang dengan video bahkan kejadian ini memancing sejumlah jurnalis untuk menjadikan bahan berita.

Nah, masyarakat yang melihat ini memandang dari berbagai sudut. Ada yang beranggapan fenomena ini akan membawa keberuntungan, ada yang beranggapan sebagai pertanda bahaya, dan lainnya. Akan tetapi secara ilmiah, Wikipedia menjelaskankan bahwa ini adalah hal biasa, dan sudah sering terjadi di belahan dunia manapun.

Fenomena Alam "Halo Matahari" Muncul di Langit Banjar
Fenomena halo matahari Banjarnegara. Dok. Okezone
Sriwahyuningsih, warga setempat mengatakan, baginya ini adalah yang pertama kali melihatnya. “Saya baru pernah lihat, jadi saying sekali bila tidak di abadikan,” ujar Sriwahyuningsih. Fenomena ala mini juga menarik perhatian sejumlah pegawai di komplek DPRD Banjarnegara.

Menurut Wikipedia, pada dasarnya fenomena alam yang dinamakan ‘Halo Matahari’ ini merupakan hal biasa. Ini merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya matahari.

Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi. 

Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya Matahari atau Bulan. Fenomena Halo matahari adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Halo matahari adalah fenomena yang lebih sering terjadi di langit.



Sumber : Okezone



February 04, 2014

1 komentar:

  1. wow halo matahari nya indah gan

    visit yaa http://www.afifblog20.blogspot.com/

    ReplyDelete


loading...