5 Kecanduan Manusia Yang Wajib Diketahui

Kecanduan atau ketagihan adalah saat tubuh atau pikiran kita dengan parahnya menginginkan atau memerlukan sesuatu agar bekerja dengan baik. Kita disebut pecandu bila kita memiliki ketergantungan fisik dan ketergantungan psikologis terhadap zat psikoaktif, contohnya alkohol, tembakau, heroin, kafein, nikotin. Zat psikoaktif ini akan melintasi sawar darah otak setelah dicerna, sehingga mengubah kondisi kimia di otak secara sementara.

Kecanduan juga bisa dipandang sebagai keterlibatan terus-menerus dengan sebuah zat atau aktivitas meskipun hal-hal tersebut mengakibatkan konsekuensi negatif. Kenikmatan dan kepuasanlah yang pada awalnya dicari, namun perlu keterlibatan selama beberapa waktu dengan zat atau aktivitas itu agar seseorang merasa normal

5 Kecanduan Manusia Yang Wajib Diketahui
Kecanduan internet. Dok. urbanxpose.blogspot.com
Kecanduan, di mata peneliti, dipandang sebagai cara paling bisa diterima untuk mengatasi tekanan. Ketika seseorang menatap kenyataan yang terlalu berat dan mampu merusak jiwanya, ia akan mencari dunia lebih nyaman sebagai penyelamatan.

Terlepas dari kenyataan bahwa kecanduan telah berubah dari waktu ke waktu, para ilmuwan mampu mengidentifikasi jenis-jenis utama dari kecanduan. 

Dikutip dari geniusbeauty.com, mereka menyusun itu jadi lima tingkat kecanduan di era modern seperti yang diberitakan laman viva.co.id berikut ini.


1. Pecandu Internet dan Gadget

Peringkat pertama diberikan kepada pecandu internet dan gadget, ketika seseorang menghabiskan lebih dari 6 jam sehari di dunia maya. Saat ini, jumlah orang yang main internet lebih besar dibandingkan jumlah pecandu alkohol dan narkoba. Kecanduan ini termasuk ketergantungan pada gadget seperti ponsel atau barang elektronik lainnya.


2. Pecandu Makan

Pecandu makan berada di tempat kedua dalam daftar kecanduan. Menikmati makanan terbentuk secara alami sebagai perlawanan masalah kehidupan. Sayangnya, kebiasaan tersebut dapat mengarah ke penyimpangan gizi dan masalah berat badan.


3. Pecandu Rokok

Candu umum lainnya adalah merokok. Walaupun banyak orang berjuang untuk lari dari kecanduan ini, para dokter masih tetap khawatir, jumlah perokok hampir tidak berkurang.


4. Pecandu Alkohol dan Narkoba

Kecanduan rokok diikuti oleh dua hal ini. Keduanya adalah kebiasaan yang sulit ditinggalkan, bahkan bisa jadi harus ke pusat rehabilitasi.


5. Pecandu Game

Tempat kelima diduduki oleh orang-orang yang kecanduan bermain game. Keseharian mereka bisa dihabiskan dengan kegiatan ini. Kecanduan game populer di kalangan orang-orang berpendapatan rendah.



January 26, 2014

6 komentar:

  1. Replies
    1. Silahkan mampir dengan senang hati saya menerima anda :)

      Delete
  2. Replies
    1. Hehehe gpp gan, yang penting jangan terlalu berlebihan

      Delete
  3. Hai :D tolong visit blog saya dong. Terimakasih :) http://lucylucynda.blogspot.com/

    ReplyDelete


loading...