Ternyata November Bulan Khusus Para Jomblo

Jomblo adalah sebuah keadaan dimana seorang pria/wanita tidak mempunyai punya pacar atau masih single. Seseorang yang tidak mempunyai ikatan atau hubungan dengan siapapun alias belum punya pacar. Ternyata jaman dulu tuh kata 'jomblo' merupakan kalimat yang tabu. Katanya, kalau mengatakan seseorang itu jomblo, artinya orang itu sepanjang hidupnya tak pernah ada yang suka, dan kemungkinan besar ke depannya juga tak akan dapat pasangan. Orang yang jomblo seakan-akan orang yang hina dan terkutuk, yang bakal menjadi perawan sampai meninggal. Usaha sekeras-kerasnya untuk mendapatkan pasangan akan berbuah kesia-siaan.
jomblo
Ilustrasi. Dok. Shutterstock/Vemale

Ternyata isu menjadi jomblo tidak hanya membuat galau para jomblo di Indonesia. Di negara lain, salah satunya China, ternyata menjadi jomblo tidak harus disesali atau ditangisi. Para jomblo di China bahkan merayakan status mereka yang masih sendiri. Hari ini, 11/11 dirayakan sebagai harinya para jomblo.

Jika Valentine boleh dirayakan oleh mereka yang sudah punya pasangan, berarti para jomblo boleh merayakan statusnya yang masih sendiri. Para single, jomblo, HTS, friendzone, belum menikah atau apapun namanya, selama masih sendiri, bisa merayakan Singles' Day atau bisa disebut Guanggun Jie.

Dilansir oleh YourTango.com, inilah beberapa fakta tentang Singles' Day di China sebagaimana di sampaikan laman Vemale berikut ini :


Dimulai Tahun 1990

Dalam satu waktu di tahun 1990, mahasiswa dari Universitas Nanjing melakukan protes untuk perayaan Valentine. Mereka yang masih single juga ingin satu hari di mana mereka merayakan status mereka. Sudah jadi rahasia umum bahwa orang yang berstatus jomblo sering dipandang sebelah mata.

Karena itulah, bertambah ramainya internet membuat para single dan jomblo tidak lagi malu dengan statusnya. Muncullah perayaan Singles' Day yang dapat dinikmati semua jomblo di China.


Ada 180 Juta Jomblo di China

Dengan munculnya hari jomblo, para jomblo tidak lagi malu dengan statusnya. Diperkirakan, ada kurang lebih 180 juta jomblo di China saat ini. Mereka datang dari berbagai status, kebanyakan sudah menjadi sarjana dan berjuang menemukan pasangan paling tepat untuk menikah kelak.


Mengapa Dirayakan Tanggal 11/11?

Ada alasan mengapa Singles' Day dirayakan pada tanggal 11 November atau 11/11. Perpaduan angka satu di semua bagian menggambarkan status mereka yang masih jomblo. Satu yang artinya sendiri.


Tingkat Belanja Meningkat Drastis di Hari Jomblo

Hari Jomblo bertepatan dengan hari setelah gajian, maka hal ini dimanfaatkan para pemilik toko untuk memberikan diskon gila-gilaan untuk mereka yang sedang jomblo. Pada tahun lalu, diperkirakan total uang yang dihabiskan para jomblo untuk belanja di Singles' Day adalah $ 4 miliar atau sekitar Rp 40 triliun.


Dirayakan Dengan Pesta Sesama Jomblo

Para jomblo di China tidak membuat Hari Jomblo sebagai hari yang menyedihkan. Mereka merayakan hari ini dengan belanja atau pesta sesama jomblo. Pesta ini biasanya dilakukan dengan teman-teman atau temannya teman yang masih jomblo. Beberapa jomblo biasanya mendapat pasangan setelah berkenalan dengan jomblo lain di pesta ini.



December 10, 2013

9 komentar:

  1. hidup jomblooooooooooooo....., nice posting gan..
    visit back yach..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat memperingati hari jombloker
      Yah Mas Syafar selamat hari Jomblo yah Mas :D

      Delete
  2. Ah ada hari jomblo ya mas? Tpi syang lewat bulan novembernya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, di Cina sana.. gpp khan sekedar share informasi

      Delete
  3. Selamat Malam jelang pagi Mas Syafar keren artikelnya
    Unik menarik salam jomblo saja yah Mas. agak lama saya baru sempet
    Mampir lagi kemari moga Mas Baik-baik saja salam hormat selalu Mas :)

    ReplyDelete
  4. Ane sampe skrg msh single aja gan..hehe

    ReplyDelete