Akibat Perubahan Alam, Usia Bumi Tinggal 100 Tahun Lagi

Fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan kemudian tak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat memengaruhi manusia (mis. bakteri, penuaan, bencana alam). Contoh umum dari fenomena alam termasuk letusan gunung berapi, cuaca, dan pembusukan. merupakan salah satu fenomena alam

Sebagian besar fenomena alam tak berbahaya seperti hujan. Fenomena alam seperti letusan gunung berapi, tsunami dan tornado dianggap berbahaya dan dapat menimbulkan kematian.Fenomena adalah hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi dengan tidak terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia.
Akibat Perubahan Alam, Usia Bumi Tinggal 100 Tahun Lagi
Fenomena perubahan alam yang semakin nyata membuat planet bumi semakin mendekati kepunahan. Diperkirakan usia bumi tinggal 100 tahun lagi.

“Kita lihat sekarang cuaca semakin tidak menentu, suhu udara semakin meningkat dan banjir terjadi dengan tidak lazim,” papar Rahmat Witoelar Ketua Umum Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) Rachmat Witoelar usai pemutaran film dokumenter Setelah Hujan Turun, hari ini.

Menyikapi fenomena perubahan iklim yang makin nyata, menurut Rachmat ada dua hal yang bisa dilakukan manusia. Pertama melakukan upaya agar perubahan iklim beserta dampak negatifnya bisa dihambat.

Misalnya dengan mengurangi polusi yang mampu meningkatkan gas rumah kaca, penanaman pohon dan sebagainya.

Langkah kedua adalah menyesuaikan diri dengan perubahan iklim tersebut (adaptasi). Terutama pada perubahan alam yang sifatnya memang tidak bisa dilawan seperti kerusakan lapisan atmosfer bumi.

Menurut Rachmat, isu perubahan iklim memang menjadi persoalan anak-anak generasi masa depan. Tetapi tanpa kepedulian generasi sekarang, maka dampak yang akan dirasakan generasi masa depan akan semakin nyata dan lebih cepat datangnya.

Karena itu Rachmat melalui DNPI berupaya menggalang kekuatan dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat baik dari dalam negeri untuk bersama-sama melakukan upaya menghambat terjadinya perubahan iklim.

Kampanye dengan berbagai media dan cara terus dilakukan dengan tujuan semakin memperluas jangkauan masyarakat yang sadar akan perubahan iklim.

“Kalau kita peduli dengan anak cucu, maka saatnya kita untuk bergerak bersama-sama menekan dampak perubahan iklim,” tukasnya.

Terkait film dokumenter Setelah Hujan Turun, Rachmat mengatakan bahwa prinsipnya DNPI ingin memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat terkait upaya adaptasi manusia untuk tetap bertahan menghadapi fenomena alam yang kurang menguntungkan.



December 29, 2013

5 komentar:

  1. ada literatur yang mengatakan bahwa pada tahun 2052-2056 Usia Umat Islam selesai. literatur yang ane baca ane lupa tapi isinya. " begini

    Dihitung sejak terbit matahari dari arah Barat adalah karena setelah perkara itu terjadi maka tidak ada lagi dosa yang diampuni, segala pintu taubat ditutup, dan tidak diterima lagi syahadat. Artinya tidak ada lagi Islam.
    dan diakhiri hingga manusia berdiri di padang Mahsyar menghadap Allah adalah karena saat itu manusia baru dibangkitkan dari kubur dan sebelum dihisab.
    dari hadits-hadits di depan, maka kita ketahui jarak waktu:
    Matahari dari arah barat~tiupan pertama= 120 tahun

    Tiupan pertama ~ tiupan kedua= 40 tahun

    Tiupan kedua ~ kebangkitan seluruh manusia= 40 tahun

    Kebangkitan ~ penghisaban (penentuan syurga dan neraka)= 500 tahun

    Sehingga, dapat disimpulkan bahwa jarak waktu dari terbitnya matahari dari arah Barat hingga berdiri di padang Mahsyar adalah 120+40+40+500= 700 tahun

    Kesimpulan perhitungan Imam Suyuthi: Umur dunia= Umur umat terdahulu + Umur umat Islam + masa hari akhir

    Telah kita ketahui bahwa:

    Perhitungan umur dunia adalah 7000 tahun

    Perhitungan umur umat-umat terdahulu adalah 4800 tahun

    Perhitungan masa sejak ditolaknya syahadat hingga kiamat adalah 700 tahun, sehingga dapat dihitung,

    Umur umat Islam= 7000-4800-700= 1500 tahun kemudian dikurangi masa kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam, sehingga didapat bahwa sisa umur umat Islam adalah: 1500-23= 1477 tahun

    Dari mana angka 23?

    Sejak diutusnya Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam hingga beliau wafat adalah 23 tahun, dimana 13 tahun beliau SAW berada di Mekkah, kemudian diperintahkan Allah untuk hijrah ke Madinah, disini beliau berdakwah hingga beliau wafat selama 10 tahun. Dan penulisan kalender Hijriah dihitung pada saat beliau Hijrah.

    Imam Suyuthi menambahkan dalam kitabnya yang berjudul Al Kassaf ketika menerangkan tentang keluarnya Imam Mahdi’alaihis salam berkata:’ Hadits-hadits hanya menunjukkan bahwa masa-masa (umur) umat ini (Islam) lebih dari 1000 tahun dan tambahannya sama sekali tidak lebih dari 500 tahun.

    Jika umur Islam=1477 tahun, dan sekarang kita berada di tahun 2013 Masehi atau 1434 Hijriah. Maka sisa umur Islam adalah: 1477-1434= 43 tahun, “43 tahun adalah sisa umur umat Islam sejak masa ini.” Jadi tahun 2056 Masehi akan terjadi kegoncangan?

    Maaf kalau spam gan.. cuma menambahkan ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://rindusyurgaku[.]wordpress[.]com/tag/7000-tahun/ selengkapnya

      Delete
  2. salam kenal, selamat tahun baru 2014

    ReplyDelete
  3. artikel yang bagus sekali dan agak sedikit merinding bacanya, salam kenal ya

    ReplyDelete
  4. selamat siang dan salam perkenalan, tdk lupa saya ucapkan selamat tahun baru 2014

    ReplyDelete


loading...