Hati-Hati, Tidur Tengkurap Merusak Tulang

Tidur merupakan aktivitas bagi tubuh, diperlukan posisi nyaman dan aman agar tidak berpengaruh pada kesehatan. Tengkurap merupakan posisi tidur yang dapat merusak tulang, olehnya itu biasakan jangan dilakukan atau dihindari.

Menurut dokter spesialis orthopedy, dr. Sudirman Rasyad, Sp.OT, tidur membantu tubuh merenggangkan otot-otot setelah seharian beraktivitas. Namun perlu diperhatikan, bahwa posisi tidur juga bisa berpengaruh buruk pada kesehatan, salah satunya tengkurap.

Tengkurap atau menelungkup merupakan posisi tidur yang tidak dianjurkan oleh beberapa ahli medis, karena dapat mempengaruhi tulang atau pun otot serta pernafasan. Akibatnya akan mempengaruhi postur tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada tulang belakang.

Langkah tepat untuk mengatasi masalah kesehatan ini, yaitu dengan posisi tidur berbaring atau telentang. 

Waspada, Tidur Tengkurap Merusak Tulang
Tidur tengkurap, Pic. Shutterstock
Walaupun sebagian orang memiliki kebiasaan berbeda-beda dalam posisi tidur, bahkan nyaman dengan hanya satu posisi tidur, namun alangkah baiknya lurus atau menyamping ke kanan.

Berikut posisi tidur yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, sebagaimana dilansir NaturalNews berikut ini :

1.  Tidur telentang dengan beralaskan bantal
Tidurlah dengan posisi telentang dan posisikan bantal dengan tepat, juga dapat menambahkan dibawah lutut dengan tujuan agar pinggul lebih fleksibel dan lututlah yang akan menanggung tekanan dari tulang belakang lumbar dan sendi sacroiliac.

2.  Tidur dengan posisi miring
Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika tidur dengan posisi miring dengan pinggul dan lutut tertekuk sekitar 45 derajat. Dukungan bantal di bawah leher yang membuat tingkat kepala dan wajah dalam posisi netral.

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form