Cara Mencegah Kanker Prostat & Testis Sejak Dini

kanker prostat
Kanker prostat
Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil,disfungsi erektil dan gejala lainnya.

Lantas, bagaimana cara mencegah kanker prostat dan kanker testis? Berikut ulasannya, seperti dilansir Mensfitness.


Kanker Prostat

Sebuah kasus baru kanker prostat terdiagnosis setiap 2,1 menit. Karenanya, Anda harus bisa mengetahui cara mencegah dan mendeteksi ini kanker prostat.

Cara mencegah: Penurunan stres dalam hidup di mana pun Anda berada bisa membantu mencegah kanker prostat. Selain itu, hindarilah untuk merokok karena terdapat keterkaitan langsung antara mengonsumsi tembakau dengan kanker prostat dan kanker kandung kemih.

Cara mendeteksi dini: Karena kanker prostat biasanya tanpa gejala, buatlah janji dengan dokter Anda untuk menguji dubur dan melakukan tes prostate-specific antigen (PSA). Hal ini sangat penting dan bila hasil tes menyatakan ada ketidaknormalan, Anda mungkin perlu biopsi prostat untuk menentukan apakah Anda benar-benar memiliki kanker.


Kanker Testis

Sudah ada 8.000 kasus baru kanker testis pada 2013 sejauh ini. Oleh karena itu, semua orang harus mengambil langkah preventif agar mengalami penyakit itu.

Cara mencegah: Bila di dalam keluarga Anda ada riwayat yang memiliki kanker testis, sangat penting untuk melakukan screening sejak dini, apalagi bila Anda sudah terdiagnosa sejak muda. Selain itu suatu kondisi tertentu, seperti terpapar radiasi juga bisa memicu seseorang mengalami kanker testis.

Cara mendeteksi dini: Orang terbaik untuk mendeteksi kanker testis adalah diri Anda sendiri, Anda hanya perlu memeriksa apakah dalam testis ada benjolan yang memicu rasa sakit. Di mana Anda bisa mendeteksi sebulan sekali saat berada di kamar mandi. Bila saat Anda memeriksa terdapat benjolan yang menimbulkan rasa sakit, disarankan untuk langsung pergi ke dokter.



November 02, 2013

1 komentar:


loading...