Cara Menghadapi Orang Lebay

lebay
Ilustrasi lebay, doc. hariansumatera
Menghadapi orang lebay alias alay atau apalah namanya, siapa yang tidak sebal dengan mereka saat berhadapan dengan orang seperti ini. Rasa jengkel, muak, pengen ambil batu terus lemparin kemudian sembunyi tangan, atau pura-pura nabrak si alayers ini. Tersinggung saja sedikit bisa-bisa marahnya berminggu-minggu, syukur saja kalau cepat baikan. OMG orang seperti ini sungguh-sungguh sangat menyebalkan... bagaimana sih cara menghadapi orang alay seperti itu?

Untuk menghadapi orang lebay, Anda perlu tahu terlebih dahulu kemungkinan penyebab yang membuat mereka bersikap demikian. Apa saja penyebab? Berikut saya sajikan sifat karakter orang alay sebagaimana saya kutip dari vemale.com berikut ini.

Sifat Bawaan

Psikiater dan psikoterapi Anjali Chhabria, seperti dikutip dari IndiaTimes mengatakan bahwa sifat lebay bisa jadi adalah sifat bawaan sejak lahir. Perlahan lingkungan tempat tinggal dan ia dibesarkan juga membuat sifat tersebut semakin menjadi-jadi.

Problem Keluarga

Penyebab lainnya adalah problem keluarga. Saat ia dibesarkan oleh keluarga yang memiliki kebiasaan 'lebay' dalam bersikap, maka ia akan memakai cara yang sama saat berhadapan dengan masalah.

Bisa jadi juga, sikap lebaynya ditunjukkan demi mendapat perhatian lebih dari keluarga. Banyak juga mereka yang hidup berkecukupan secara materi namun tak mendapat cukup perhatian dari keluarganya.

Ingin Diperhatikan

Masih berangkat dari akar yang sama, tak cukup mendapatkan kasih sayang dan perhatian, hal tersebut kemudian terseret pada kebiasaan dalam bersosialisasi di luar. Alhasil, demi mendapatkan perhatian dari orang lain ia akan bersikap lebay. Terkadang ia juga tak sadar apa yang dilakukan salah atau benar, yang ia pedulikan adalah saat ia mendapatkan perhatian.

Merasa Insecure

Mereka yang merasa insecure terhadap hubungan cenderung bersikap lebay. Hal ini ditengarai disebabkan oleh kegagalan atau trauma dalam hal asmara, sehingga saat ia terlibat dalam sebuah hubungan ia akan berusaha sedemikian rupa agar hubungan tersebut tidak gagal.

Nah, sahabat sekalian bagaimanakah cara menghadapi orang lebay?

Jika, dilihat dari penyebab-penyebab yang telah disebutkan di atas, terutama sikap lebay disebabkan karena hausnya perhatian. Untuk itu, saat berhadapan dengan orang lebay yang harus Anda lakukan adalah:
·    Memberinya cukup perhatian
·  Memperlakukannya secara dewasa dan tidak menunjukkan perlawanan yang terang-terangan
·  Memberi waktu untuk melampiaskan emosi, kemudian memberikan masukan atas sikapnya Bersikap damai dan tidak terpancing emosi
·  "Biarkan mereka berekspresi dan meluapkan emosi, jangan menolak mereka.


Demikianlah penyebab dan cara mengatasi orang lebay, semoga bisa memberikan manfaat buat sekalian.



October 08, 2013

5 komentar:

  1. kalo say tak biarin aja.
    sak karepe

    ReplyDelete
  2. kalo menurut saya lebay itu sih suatu mode dimana lagi musiman saat ini, apakah terdengar kata lebay atau galau waktu bapak kita masih sekolah? saya rasa belum pernah denger :D

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sih biasanya saya cuekin aja..hehehe daripada saya ejek mending dicuekin. :)

    ReplyDelete
  4. ada jg yg lebay pengen dibilang gaul heehehe..

    ReplyDelete
  5. Biasanya menurut saya sih untuk mencari perhatian aja. Karena "penghargaan" juga kebutuhan manusia kan .. Hehehee

    ReplyDelete


loading...