Kebiasaan Aneh Lansia Jepang Mencuri di Toko

Kebiasaan Aneh Lansia Jepang Mencuri di Toko
Kepolisian Jepang melaporkan ribuan lansia (lanjut usia) tertangkap polisi lantaran mengutil di toko-toko di Jepang tahun lalu. Diperkirakan jumlahnya ini bahkan melebihi jumlah tersangka pengutilan yang masih berusia muda.

Diberitakan The Telegraph, Selasa 8 Juli 2013, sebanyak 3.321 pensiunan berusia di atas 65 tahun tertangkap mengutil, berdasarkan data tahun 2012 di Kepolisian Metropolitan Tokyo. Sementara pemuda yang tertangkap mengutil adalah 3.195 orang.

Aksi para orang tua ini diduga dilakukan lantaran kesepian. Kebanyakan lansia di Jepang tinggal sendirian dengan perabotan seadanya. Sebanyak 70 persen pelaku lansia mencuri makanan, bukti semakin miskinnya masyarakat tua di negara itu.

Selain itu, lansia di Jepang jumlahnya juga semakin banyak. Negeri Sakura tercatat sebagai negara dengan populasi orang tua tercepat perkembangannya di dunia. Sepertiga dari populasi Jepang berusia di atas 65 tahun, sementara angka kelahiran hanya 1,39, menyebabkan masyarakat terancam timpang.

Pencatatan jumlah pengutilan telah dilakukan kepolisian Tokyo sejak tahun 1989. Setiap tahun jumlahnya terus meningkat.

Tahun 1999, hanya ada 336 lansia yang tertangkap mengutil di ibukota, sekitar enam persen dari total penangkapan. Di tahun itu, pengutilan kebanyakan dilakukan pemuda yang jumlahnya mencapai 2.092 orang.



Sumber : Merdeka



July 10, 2013

4 komentar:

  1. huuu aneh - aneh aja ya ternyata orang tua jepang kelakuannya aneh - aneh ya "D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kawan, biasalah tidak mungkin perhatian dari pihak keluarganya

      Delete