Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Teh Hijau

Tahukah anda, manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh? Yaitu berfungsi sebagai antioksidan dan memang tidak diragukan lagi, selain itu sering juga digunakan sebagai ramuan yang membantu melangsingkan badan. Saat ini, teh hijau sudah digunakan sebagai formula untuk merawat kecantikan kulit termasuk kulit kepala. Kandungan antioksidan ini yang bertanggung jawab atas fungsinya yang satu ini. Bagaimana bisa? Inilah manfaat teh hijau bagi rambut dan kulit kepala kamu menurut laman Sendpay berikut ini.

1. Melawan “Dihydrotestosterone” (DHT). Dihydrotestosterone adalah testosteron alami yang ditemukan pada pria dan wanita. Saat ini para ahli mengetahui bahwa penyebab rambut rontok adalah DHT. Kebotakan khas pria juga diduga disebabkan karena folikel rambut yang sensitif pada DHT. Karena itu, salah satu strategi mencegah kerontokan adalah menghadang DHT. Teh hijau merupakan herbal pelawan DHT yang andal. Teh hijau diketahui akan meningkatkan kadar hormon seks pengikat globulin (SBGH) yang berinteraksi dengan testosteron sehingga mencegah pembentukan DHT.

2. Meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Teh hijau mengandung polifenol katekin. Cukup banyak penelitian yang mengungkapkan molekul ini memiliki efek antikarsinogenik dan fungsi antibiotik. Penelitian pada tikus juga menunjukkan, katekin menyebabkan pembuluh darah berkontraksi lebih baik sehingga aliran darah ke sistem kardiovaskular dan pembuluh darah kecil menjadi lancar, termasuk ke bagian folikel rambut.

3. Merangsang pertumbuhan rambut. Komponen yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) adalah antioksidan yang paling kuat. Riset yang dilakukan di Jepang dan Korea menunjukkan EGCG memiliki efek positif pada pertumbuhan rambut. Kabar gembiranya, teh hijau mengandung 10% EGCG sehingga sangat dianjurkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

4. Menghilangkan ketombe dan psoriasis. Berbagai penelitian menunjukkan, teh hijau efektif untuk menghilangkan ketombe dan penyakit kulit psoriasis dengan cara mengatasi iritasi di kulit kepala. Sampo yang berbahan dasar teh hijau sangat disarankan untuk rambut berketombe. Cara lain, setelah memakai shampo, bilaslah rambut dengan air teh hijau.

5. Menguatkan dan melembabkan. Manfaat lain dari teh hijau adalah menguatkan akar rambut karena teh hijau mengandung panthenol, vitamin C dan E. Vitamin E akan mengembalikan kemudaan rambut yang kering atau rusak. Sementara vitamin C membantu melindungi rambut dari bahaya sinar matahari. Pantenol dan provitamin akan membuat rambut lebih lembut dan mencegah patah

Cara meng-aplikasikannya cukup mudah yaitu seduh teh dengan kekentalan yang lebih dari biasanya, jangan dicampur apapun. Diamkan semalam hingga basi. Saat akan digunakan, keramas dahulu. Kemudian basuhkan teh basi tersebut ke kulit kepala dan pijat perlahan hingga khasiat yang terkandung di dalamnya meresap. Diamkan 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin. Untuk hasil terbaik, gunakan teh basi sebagai masker rambut secara teratur seminggu sekali atau 2 kali.



July 22, 2013

0 komentar:

Post a Comment


loading...