Bra Ini Mampu Mendeteksi Kanker

Kanker payudara memang menjadi momok yang paling ditakuti oleh wanita. Kanker ini dikatakan memang lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Berbagai penelitian juga telah dilakukan demi menyembuhkan kanker ini. Biasanya, wanita yang terkena kanker payudara dengan kondisi yang tidak menguntungkan harus merelakan payudara mereka diangkat. Tentu, sebagai wanita tidak akan merasa lengkap.

Dengan latar belakang ini lah, First Warning Systems Inc. yang berbasis di Nevada merancang sebuah bra canggih bernama 'smart bra'. Tidak hanya smartphone, sekarang juga ada smart bra lho, Ladies. Bra ini dinamakan 'smart bra' karena diklaim oleh perusahaan ini bahwa bra ini mampu mendeteksi kanker payudara ketika digunakan.

Dengan menggunakan 16 sensor temperatur, bra ini akan mendeteksi perubahan temperatur pada bagian-bagian tertentu dari payudara yang berkaitan dengan pertumbuhan pembuluh darah baru yang mungkin akan menghasilkan sel kanker. Bra ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak yang mampu mengingat dan mengenali motif dari kanker. Dengan motif yang sudah diberikan sebelumnya pada sistem, bra ini akan mengenali jika ada kemungkinan keberadaan kanker dalam tubuh, khususnya payudara.

Perusahaan yang membuatnya bahkan menekakan bahwa bra ini lebih canggih dibandingkan mammogram sinar X yang biasa dilakukan sebagai standar pendeteksi kanker payudara. First Warning System mengadakan uji coba klinik dengan 650 wanita dari berbagai usia. Ini memang memakan waktu 12 jam untuk mengetahui hasilnya. Namun dengan hasil keakuratan 90% tentu sangat sepadan.

Sampai September tahun 2012, FWS telah mengumpulkan 5 juta dollar untuk percobaannya ini. Diharapkan karya FWS ini memenuhi peraturan yang dibuat oleh European Union dan mendapatkan persetujuan dari FDA di Amerika Serikat. FWS juga menargetkan bahwa pada tahun 2014, smart bra ini akan diluncurkan di pasar Amerika Serikat. Wah, kalau ada di Indonesia, Anda berminat untuk membelinya?



sumber : Vemale.com



May 08, 2013

1 komentar: