Tokoh Penemu Telepon Seluler


Telepon seluler berusia 40 tahun. Ponsel, begitu biasa disebut, pertama kali diciptakan pada 3 April 1973 oleh teknisi Motorola Martin Cooper, yang saat itu menjadi kepala tim teknologi komunikasi mobile.
Telepon seluler pertama yang diciptakan adalah Motorola DynaTAC. Telepon seluler tersebut memiliki berat 1 kilogram dengan daya tahan baterai 20 menit. Kepada The Verge tahun lalu, Cooper mengatakan telepon itu dipakai pertama kali untuk menelepon Joel Engel dari Bell Labs.

Martin Cooper, @Reuters / Aloy Alonso

'Banyak yang mencibir, tapi kami yakin dan percaya bisa membuatnya, karena manusia terus bergerak. Kami berhasil membuatnya dan pernah menjadi memonopoli telepon mobil,' ujar Cooper seperti dikutip dari AFP, Kamis 4 April 2013.
Cooper, yang saat ini berusia 84 tahun, mendapat penghargaan bersama timnya awal tahun ini. Mereka mendapat penghargaan dari National Academy of Engineering atas karya mereka.

Setelah 40 tahun, telepon seluler telah berevolusi. IDC, sebuah badan penelitian memprediksi pada tahun ini akan terjual 900 juta smartphone. Telepon seluler kini juga menjadi pemain kunci dalam hal periklanan. eMarketer menyebut iklan mobile di Amerika tumbuh 178 persen tahun lalu dengan mencetak angka 4,11 miliar dolar.

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form